Distanhut Siapkan Pupuk Subsidi Untuk Sawah Bukit Langkap

Diposting pada
Kadistanhut Lingga, Rusli Ismail. Ist

Lingga (Media Center) – Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Lingga Rusli Ismail mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh terhadap keberhasilan sawah batuan Kementrian Pertanian RI di Desa Bukit Langkap, dengan menjamin kebutuhan pupuk subsidi untuk petani desa tersebut.

“Kalau ini sudah ditanam, pupuknya kami bantu ntuk tahap pertama. Termasuk penetral kadar asam lahan kami bantu,” kata dia di sela peresmian pencetakan sawah Desa Bukit Langkap oleh Bupati Lingga bersama TNI, Rabu (17/8/2016).

Menurutnya, keberhasilan sawah di Desa Bukit langkap ini akan sangat menentukan masadepan kabupaten Lingga di bidang pertanian kedepan. Karena, jika tahap awal ini berhasil, akan ada sekitar 4.000 Hektar lagi bantuan pencetakan sawah yang siap di gelontorkan pusat untuk Lingga.

“Berhasil yang di Bukit Langkap ini, akan ada 4000 Ha lagi menyusul, TNI juga akan bantu, pemerintah pusat pun siap bantu. Bukit langkap merdeka dari kemiskinan,” ucapnya optimis.

Namun dia mengigatkan kepada para petani Bukit Langkap, keberhasilan sawah bantuan pusat tersebut ada pada tangan petani itu sendiri. Karena, lanjutnya, tanpa keseriusan petani mengelola bantuan ini, maka akan sulit untuk mencapai kesuksesan.

Untuk itu, Rusli mengajak seluruh masyarakat Bukit langkap yang notabennya petani, saling bahu membahu mengejar keberhasilan dari kesempatan yangtelah diberikan pemerintah ini.

“Jadi jangan hanya bapak-bapaknya, ibu-ibu juga harus turut membantu, dari pada duduk ngerumpi, mencari kutu, lebih baik ikut turun kesawah. Bantu bapaknya membersihkan lahan sawah,” tuturnya.

Pemerintah Daerah, lanjut Rusli, sangat mengharapkan sawah bantuan di Bukit Langkap tersebut mencapai keberhasilannya. Untuk itu, Bupati Lingga menghadirkan konsultan pertanian yakni seorang pahlawan inovasi pertanian Indonesia, Ady Indra Pawennari, untuk selalu membantu kerja para petani di Desa Bukit Langkap.

Dikesempatan yang sama, Ady Indra Pawennari, konsultan percetakan sawah yang selama ini turut mensukseskan percetakan sawah di Kabupaten Lingga, dalam perkenalannya menyampaikan, dirinya siap untuk mensukseskan program percetakan sawah di Desa Bukit Langkap tersebut.

“insyaallah saya akan berada disini (Bukit Langkap), mengikuti tiap tahapannya sampai proses panen, saya berharap ini bisa seperti di Sungai Besar,” singkatnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *