Bupati Lingga Resmikan Pencetakan Sawah Bukit Langkap

Diposting pada
Bupati Lingga Alias Wello bersama Danramil Daik meresmikan pembukaan lahan sawah di Desa Bukit Langkap. Ist

Lingga (Media Center) – Bupati Lingga Alias Wello manfaatkan momen semangat kemerdekaan RI ke 71, dengan meresmikan pelaksanaan pencekan sawah bantuan pemerintah Pusat seluas 100 hektar untuk tahap awal, di Desa Bukit Langkap Kecamatan Lingga Timur.

“Ini momen yang baik bagi Kabupaten Lingga untuk saling bahu membahu, kerja nyata, untuk mewujudkan Lingga yang lebih baik,” kata dia di Daik Lingga, Rabu.

Menurut Alias Wello, diresmikannya pencetakan sawah yang akan dilaksanakan pihak TNI itu menjadi kado istimewa bagi Kabupaten Lingga khususnya Desa Bukit Langkap di hari kemerdekaan RI kali ini.

Karena pada awalnya, program pencetakan sawah tersebut bukan diberikan untuk kabupaten Lingga. Namun, upaya kerja nyata yang telah ditunjukkan Alias Wello di desa Sungai Besar dengan berhasil membuat program percontohan sawah padi hingga mencapai panen, mendapat perhatian dari seluruh pihak, khususnya TNI AD.

Kepercayaan pihak TNI melirik Lingga sebagai lokasi strategis pendukung program ketahanan pangan pusat, juga sangat didukung dengan semangat besar masyarakatnya.

“Sebenarnya bisa 350 Hektar untuk tahap awal ini, namun ada beberapa kendala terutama keterbatasan anggaran di pusat, sehingga 100 Hektar dulu. Tapi ini akan menjadi contoh. Kalau masyarakat Bukit Langkap berhasil mengoptimalkannya, maka akan ada 4.000 Hektar lainnya yang akan dikucurkan,” tutur Alias.

Jika itu berhasil, lanjutnya lagi, cita-cita Lingga menjadi lumbung pangan nasional untuk wilayah Kepulauan Riau, akan tercapai.

Dia juga mengatakan, dalam waktu dekat ini Mentri Pertanian berencana mengunjungi Kabupaten Lingga untuk menyaksikan panen raya di Desa Sungai Besar, akhir September mendatang.

“Kita akan kedatangan tamu kehormatan yaitu Menteri Pertanian RI dalam waktu dekat ini. Kalau itu jadi, maka betul-betul pertanian di Lingga akan maju dari era sebelumnya. Untuk kerja ini, tak boleh main-main, saya minta betul-betul kepada masyarakat. Kita harus komitmen,” tuturnya.

Sementara itu, Danramil Daik Lingga, Kapten Inf Hermawan Syahputra, mewakili pihak TNI selaku pelaksana pencetakan sawah di Desa Bukit Langkap menyampaikan, percetakan sawah seluas 100 Hektar ini sebagai contoh awal.

“Tahun depan insyaallah kita cetak lagi yang lebih besar, Untuk pertama ini sebagai contoh, harus berhasil, harus sukses. Calon petani harus semangat,” ungkapnya yang mendapat kesempatan memotong tumpeng peresmian cetak sawah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *