Dusun Centeng Dibangun Sarana Air Bersih

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Masalah ketersediaan air besih masyarakat dusun Centeng Desa Limbung, Kecamatan Lingga Utara segera teratasi. Pemerintah daerah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016, akan membangun sarana air bersih di dusun tersebut tahun ini.

“Surat perintah pelaksanaannya sudah ada. Kita lihat kontraktornya juga sudah turun memasang papan plang,” kata Andi Mulya, Kepal Desa Limbung, Senin (25/7/2016).

Menurut Andi, pebangunan sarana air bersih tersebut sudah dinantikan sejak lama oleh masyarakat setempat. Selama ini, kendala air bersih rutin setiap tahun menimpa warga dusun Centeng dan sekitar.

Terlebh lagi, lanjut Andi, saat musim kemarau tiba. Warga harus berjalan kaki cukup jauh hingga kedusun tetangga, untuk mendapatkan sumber air. 

“Kami hanya berharap pembangunan fasilitas air bersih ini dibangun sebaik mungkin. Agar dapat dimanfaatkan warga nantinya,” ujar Andi.

Dia mengatakan, untuk lokasi yang menjadi tempat dibangunnya fasilitas air bersih tersebut, tepatnya di daerah Sawah Guntung. Alasannya karena lokasi tersebut memiliki sumber air yang cukup banyak dan sering dimanfaatkan warga.

“Iya, desa sudah mempersiapkan lahan. Pembebasan lahan juga sudah dilakukan dan dibantu desa,” ungkapnya.

Alasan lain terkait penempatan lokasi tersebut, kata Andi, karena pada musim kemarau tidak mengganggu ketersediaan air di tempat tersebut. Bahkan, Sawah Guntung itu jaraknya tidak begitu jauh dari dusun.

Diketahui, pagu anggaran proyek pembangunan sarana air bersih di Dusun Centeng tersebut sekitar Rp 2,1 Miliar. Direncanakan pembangunannya meliputi penyediaan jaringan dan meteran kesetiap rumah warga. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *