Coremap CTI 2016 Lingga Serap APBN 4 Miliar

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Sebanyak 4 Miliar dana dari APBN tahun 2016, akan dikucurkan ke Kabupaten Lingga untuk membiayai program Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) fase III.

Pada fase ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lingga fokus pada penguatan kelembagaan dan kelompok pengawasan di 7 wilayah konservasi.

Kasi Pengelolaan Rehabilitasi dan Perlindungan Sumber Daya di DKP Lingga, Chandra Adi Sastra mengatakan, program Coremap CTI tahun ini melanjutkan program fase III yang telah berjalan sejak tahun sebelumnya.

Meski program ini sempat di pending oleh pusat untuk di evaluasi, namun kata Candra, pada 13 April lalu, sudah keluar DIPA-nya dan siap dilanjutkan programnya.

“Memang dua bulan belakangan kita belum jalankan. Kemarin sempat di pending. Baru-baru ini, sudah ada sinyal dari pusat, pertengahan April sudah keluar DIPA-nya,” kata dia di Lingga, Selasa.

Candra mengatakan, dana yang dikucurkan pemerintah pusat ke Kabupaten Lingga untuk menjalankan program tahun 2016 ini, berkisar 4 Miliar.

Namun, sejauh ini masih menunggu keputusan langsung dari pihak kementrian. Pemerintah daerah sendiri sangat mensupport kegiatan ini.

Untuk total kegiatannya hingga 2018 nanti, yang telah di susun dalam RKA KL, tercatat sebanyak 16 kegiatan.

Pada tahun ini, kegiatan akan di fokuskan pada penguatan lembaga dan Kelompok Pengawasan (Potwasmas). Dalam hal ini, masing-masing desa yang termasuk kawasan konservasi, bakal ditarik satu orang pendamping nantinya.

“Tahap awal nanti kita lakukan monitoring, geofisik dan sosial ekonominya. Di masing-masing Potwasmas-nya didampingi satu orang penyuluh,” ungkapnya.

Menurut Chandra, program penguatan kelembagaan tersebut juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya terumbu karang sebagai tempat ikan atau rumah ikan, serta bermanfaat sebagai ekowisata baik itu mangrove dan terumbu karang di wilayah pesisir Lingga.

Selain penguatan pada kelembagaan, pihaknya juga akan melakukan rehabilitasi sejumlah pelabuhan di lokasi konservasi Coremap CTI Fase III, diantaranya Desa Benan, Desa  Mamut, Desa Batu Belubang, Desa Tajur Biru, Desa Sekanah, Desa Limbung, serta Desa Penaah.

“Untuk di Benan juga kita adakan penyuluhan handy craft (kerajinan tangan) dari bahan yang ada di sana seperti berbahan kelapa. Itu juga berpotensi menunjang wisata Desa Benan,” tutupnya.

 

Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *