Pemkab akan suport kebutuhan listrik tower Pekajang

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Masalah komunikasi di Desa Pekajang akan segera teratasi. Pasalnya, Bupati Lingga bersama pihak Telkomsel telah sepakat, kebutuhan listrik untuk mengaktifkan tower BTS Pekajang dibebankan ke Pemerintah Daerah.

Hendry Efrizal, Kadishubkominfo Lingga menjelasakan, dari hasil pertemuan antara Bupati Lingga dan pihak Telkomsel wilayah Riau Kepulauan, didampingi Dishubkominfo Lingga, di kota Batam, kemarin malam, telah menyepakati kendala operasional listrik untuk mengaktifkan tower BTS di Pekajang, menjadi beban daerah.

“Pemkab Lingga siap untuk mensubsidi BBM listrik untuk tower ini, Bupati sudah menyetujui, tapi nanti kita akan dudukkan kembali bersama perangkat daerah, mengenai penganggarannya. Ini awal yang baik, tapi nanti akan ada pertemuan berikutnya,” kata dia di Lingga, Senin (4/4/2016).

Menurutnya, keputusan itu menjadi angin segar bagi masyarakat Desa Pekajang yang saat ini tengah mendambakan hadirnya fasilitas komunikasi seperti di daerah lainnya.

Selama ini, dijelaskan Hendri, alasan Telkomsel tak mengaktifkan jaringan komunikasi di Desa Pekajang, meskipun towernya sudah berdiri tegak sejak 2012 lalu, karena masalah operasionalnya yang tidak sebanding dengan jumlah konsumen.

“Terutama masalah jaringan listrik untuk towernya. Dari Listrik Desa juga tidak memiliki kapasitas berlebih yang bisa menaungi kebutuhan operasional BTS. Pihak Telkomsel sudah punya pembangkitnya, kita yang akan bantu bahan bakarnya,” ungkapnya.

Namun, terkait darimana anggaran untuk mensubsidi kebutuhan tersebut, kata dia, hal ini akan didudukkan kembali bersama jajaran SKPD dan pihak Desa terkait. “Nanti kita lihat, apa itu dari Distamben, Kominfo, Bagian Ekonomi Setda, atau bisa juga dari ADD Desa,” terangnya.

Sambil menunggu hal itu terealisasi, dia melanjutkan, Diskominfo Provinsi juga akan segera mengaktifkan telpon satelit di Pekajang sebanyak 3 unit. Meskipun hanya temporary solution saja, namun bisa dimanfaatkan sementara untuk menunggu solusi permanen.

Selain itu, mengenai listrik yang masih belum memadai di Desa Pekajang, ungkapnya, Bupati Lingga Alias Wello mengatakan akan memperkuat kapasitas daya listrik di Desa yang berbatasan dengan Provinsi Babel itu.

“Bupati bilang akan memperkuat daya listrik untuk Desa Pekajang, bisa saja menggunakan solarsel nantinya. Yang pasti masalah Pekajang ini menjadi prioritas kita bersama,” tutupnya. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *