DPU Prioritaskan Jembatan Duara tahun 2016

Diposting pada

Foto: Jembatan Desa Duara kecamatan Lingga Utara. Ard

Lingga (Media Center) – Sekitar Rp 1 Miliar dana telah disiapkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Lingga untuk merenovasi jembatan dusun Kuit Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara. Hal itu menjadi prioritas pembangunan tahun 2016.

“Pembangunan jembatan dusun Kuit Desa Duara itu prioritas tahun 2016. Bahkan itu keinginan warga dan masyarakat setempat. Dari kemarin mereka minta jembatan itu diperbaharui,” kata Kasi Bina Marga di DPU Lingga, Ranu ST, Jum’at (26/2).

Dijelaskan Ranu, jembatan desa Duara sepanjang 178 meter telah dibahas dama musrenbang Kecamatan Lingga utara 2016, dimana pihaknya juga ikut dilibarkan dalam Musren Kecamatan itu.

“Anggaran yang disediakan untuk jembatan itu senilai 1 miliar melalui APBD tahun 2016,” ungkapnya.

Melalui musrenbang itu, ungkapnya, pemerintah telah menganggarkan untuk rehab jembatan tersebut. Prioritas pembangunan jembatan desa Duara juga karena kondisinya yang sudah rapuh itu, sehingga harus dikerjakan tahun ini. Sementara itu, usulan muesren akan dibawa ke Musrenbang Kabupaten sampai ke provinsi.

“Nanti setelah disetujui kita tinggal laksanakan. Insya Allah tahun 2016 ini terealisasi,”ujarnya.

Menurut Ranu, secara teknis jembatan sepanjang 178 m itu dari atas jembatan terlihat kokoh, namun berdasarkan peninjauan dari pihaknya, memang tiang-tiang jembatan itu sudah banyak yang ambruk dan keropos.

“Secara teknis kita lihat saja nanti. Apakah jembatan itu diroboh semua, atau ada yang diperbaharui. Yang jelas tahun ini kita bangunlah,”imbuhnya.

Dikatakan, sejumlah pembangunan di Lingga Utara ada juga yang lain. Namun jembatan desa Duara lebih  prioritas karena itu menjadi fasilitas penting bagi warga dan masyarakat. Selain itu untuk memudahkan masyarakat yang saat ini sulit untuk melewati jembatan dengan roda empat.

“Rencana kita secara teknis bagaimana jembatan itu bisa dilewati ambulance. Sekitar lebar tiga meter,” tutupnya. (KP/MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *