Bupati Minta Operator kapal Perhatikan Kenyamanan Penumpang

Diposting pada

Foto: Salah satu kapal feri regular yang melayani rute Lingga-tanjungpinang. Net

Lingga (Media Center) – Bupati Lingga Alias Wello (Awe) bersama Dishubkominfo kumpulkan para operator kapal yang melayani jalur pelayaran domestik, dalam rangka menindak lanjuti keluhan masyarakat Lingga tentang kenyamanan transportasi laut. Awe minta hal tersebut menjadi perhatian pihak operator.

Selamat, Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkiminfo) Lingga mengatakan, beberapa point agenda rapat tersebut terkait masalah kenyamanan kapal yang di keluhkan masyarakat, serta terkait mengaktifkan jalut pelayaran domestik dari dan ke pelabuhan Sei Tenam Lingga.

“Bupati menekankan pentingnya bagi setiap operator kapal regular yang melayani jalur pelayaran domestik, untuk memperhatikan kenyamanan para penumpang. Dia minta pihak operator segera membenahi. Kalau pelayanan sudah cukup baik,” kata dia, Senin (29/2/2016).

Menurutnya, untuk fery Lingga-Batam dengan armada fery Oceanna 5, sudah bisa dikatakan cukup baik. Namun untuk kapal regular Lingga-Tanjungpinang, seperti armada kapal Arena dan Lingga Permai, masih dinilai belum memberikan kenyamanan tersebut.

“Kalau ganti kapal sepertinya belum diwajibkan, namun untuk menganti kursi yang rusak, membenahi pendingin udara, sampai mesin kapal, kita minta dibenahi lah,” tutur Selamat.

Selain itu, dalam rapat yang sama, kata Selamat, juga membicarakan tentang upaya mengaktifkan jalur pelayaran domestik melalui pelabuhan Sungai Tenam. “Secara lisan sudah disampaikan kepada pihak operator. Tapi untuk resminya, sore ini (Senin) sudah kita surati operatornya,” ungkap Selamat.

Dia melanjutkan, untuk rencana awal, kapal dari Tanjungpinang-Lingga seperti Arena dan Lingga Permai akan menyinggahi pelabuhan Sungai Tenam pada awal Maret ini. Sedsngkan untuk jadwal keberangkatan dan kedatangannya kelak, diperkirakan Selamat, berangkat pukul 09:00 WIB, kedatangan sekitar pukul 14:00 WIB.

Dalam waktu dekat, kata dia lagi, ada juga penambahan kapal regular dari Batam-Sungai Tenam. Diperkirakan kapal itu juga akan transit di desa wisata Benan. “Untuk penambahan, dalam waktu dekat ada Speed berkapasitas 90 orang seperti Speed Istiqomah, yang akan merintis jalur pelayaran baru Batam-Sei Tenam. Nanti juga singgah di Benan. Jalur ini bisa 2 Jam ke Batam,” ungkapnya.

Dia berharap, kendala pada jalan lintas Sei Tenam yang longsor dan belum dapat di perbaiki pihak Provinsi, tidak sampai mengganggu rencana strategis tersebut. “Kita berharap dengan kita membuka akses ini memberi signal kepada pihak Provinsi untuk segera membenahi jalan rusak itu,” tutupnya. (MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *