Desa Sungai Besar Bakal Area Persawahan Kabupaten Lingga

Diposting pada

Foto: Bupati Terpilih Alias Wello, bersama tim ahli persawahan mensurvei lahan di Desa Sungai Besar. Istimewa

Lingga (Media Center) – Bupati terpilih Kabupaten Lingga Alias Wello (Awe), melirik potensi lahan tidur seluas 500 Hektar di Desa Sungai Besar, menjadi area persawahaan dan lumbung padi Kepri, kata Kades Sungai Besar, Nazaruddin.

Dia mengatakan, lahan dengan 4 titik sumber air sebagai bakal irigasi persawahan tersebut, telah di survei langsung oleh Awe, didampingi para ahli persawahaan dari Sulawesi.

“Menurut ahli yang datang bersama pak Awe, lahan di Sungai Besar sangat memungkinkan untuk dijadikan area persawahan. Awe berniat menjadikan desa ini sebagai lumbung padi Kepri nantinya,” kata dia di Lingga, kemarin.

Dia menjelaskan, untuk status lahan terbagi menjadi dua bagian, dimana beberapa hektar merupakan kebun dan lahan tidur milik warga desa, sedangkan sisanya masih bebas.

“Warga desa sangat mendukung niat pak Awe merubah lahan itu menjadi sawah,” tuturnya.

Terkait sistem kelola persawahan tersebut, dia mengatakan, untuk saat ini dirinya belum mengetahui secara pasti, seperti apa sistemnya.

Namun, masyarakat desa berharap banyak, Bupati bisa memberikan peluang kepada masyarakat desa untuk ikut mengelola persawahan tersebut.

“Kita optimis, ini akan berhasil ditangan Awe. Kita sangat mendukung desa ini dijadikan lumbung padi yang bisa membantu terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat Kepri kedepan,” tutupnya. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *