Pemkab Lingga Kembali Perhatikan Tugu Katulistiwa

Diposting pada

Foto: Tugu Katulistiwa Tanjung Teludas Kabupaten Lingga. Ard

Lingga (MC) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), pada tahun 2016 ini, kembali menempatkan tenaga harian lepas (THL), sebagai penjaga sekaligus membersihkan objek wiisata tugu Katulistiwa Tanjung Teludas Lingga. Pada tahun 2015 lalu, penjaga sempat dirumahkan karena alasan Defisit.

Zal Midri, Kasi Destinasi Objek Wisata Disbudpar Lingga mengatakan, sejak memasuki tahun anggaran 2016, pihaknya kembali mepekerjakan petugas penjaga yang tahun sebelumnya sempat dirumahkan karena defisit anggaran.

“Sudah kita tempatkan kembali penjaga objek wisata tugu katulistiwa. Masih orang lama yang sebelumnya di rumahkan,” kata dia di Lingga, Selasa (18/1).

Sebelumnya, diberitakan pada penghujung tahun 2015 lalu, tugu katulistiwa terpantau semak dan tidak terawat karena sudah tidak dijaga oleh petugasnya.

Hal itu cukup disayangkan para pengunjung, karena selain penanda titik nol bumi, tugu katulistiwa juga memiliki lanscape yang indah di sekelilingnya.

Sementara untuk usaha lainnya, pemerintah juga memberi perhatian terhadap fasilitas pendukung pada objek tugu katulistiwa tersebut.

Dijelaskan Zalmidri, pada tahun ini pemerinrah telah merencanakan pembangunan pelabuhan mini serta membuka jalan darat tembus ke pelabuhan Sungai Tenam, yang terletak sekitar 1 Kilometer di sebelahnya.

“Tahun ini akan dibangun pelabuhan mini dan membuka jalan tembus ke pelabuhan Sungai Tenam. Untuk jalan sudah di lakukan pengukuran oleh Dinas PU,” tuturnya.

Usaha pembangunan beberapa infrastruktur tersebut, bertujuan untuk menghidupkan sektor lain di sekitar tugu tersebut.

Sementara terkait pemeliharaan tugu katulistiwa, ditambahkan Zalmidri, pemerintah belum dapat mengakomodir pada tahun ini, karena keterbatasan anggaran.

“Tapi kita akan terus usulkan pemeliharaannya, kalau tidak bisa ditahun ini, kita minta di tahun depan,” tutupnya. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *