Nelayan Desa Laboh Punya Koperasi

Diposting pada

Lingga (MC) – Sejumlah nelayan di Desa Laboh, Kecamatan Senayang yang tergabung dalam tim pembentukan koperasi, akhirnya meresmikan pembentukan Koperasi Laboh Bertuah (KLB). Koperasi ini menjadi harapan para nelayan setempat untuk meningkatkan taraf kesejahteraannya kedepan.

Sebagaimana diketahui, 90 persen masyarakat Desa laboh berprofesi sebagai nelayan dan tergolong berekonomi menengah kebawah. Untuk menujang usaha para nelayan tersebut, beberapa masyarakat berinisiatif membentuk tim untuk merancang sebuah koperasi nelayan, yang akhirnya pada tanggal 22 Desemmber lalu, rampung dengan dilengkapi struktor kepengurusannya.

Kepala Desa Laboh, Padilah membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, melalui kesepakatan bersama, masyarakat berinisiatif membentuk tim penyusun koperasi, dan pada tanggal 22 Desember 2015 lalu Koperasi tersebut terbentuk.

“Koperasi Laboh Bertuah di bidang nelayan. Terbentuknya tgl 22 Desember 2015.Masyarakat sangat mendukung terbentuknya koperasi ini,”ujarnya Senin (18/1)

Dikatakan, sebelum desa Laboh mekar dari desa induknya, terdapat koperasi nelayan, namun tidak begitu aktif dan vakum. 

Atas kesadaran masyarakat Laboh juga, kata Padillah desa Laboh yang selama ini tidak tersentuh oleh pemerintah, berinisiatif untuk membentuk koperasi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan nelayan dan untuk kesejahteraan nelayan.

Padilah, berpendapat Laboh perlu ditunjang koperasi, karena melalui koperasi masyarakat nelayan dapat terbantu dengan program koperasi seperti simpan pinjam.

“Kedepannya mensejahterakan nelayan. Dengan akte notaris yang dibentuk. Kami juga mengajukan bengkel laut. Untuk membantu kerusakan pompong bagi nelayan,”ujarnya.

Untuk mempermudah Desa Laboh juga, Koperasi Laboh Bertuah (KLB) mempunyai sub-sub cabang di masing-masing dusun baik itu di Dusun Kentar, dan Belakang Hutan. Karena KLB  menerima anggota bagi seluruh warga yang mempunyai KTP Laboh.

Bukan hanya bagi masyarakat nelayan,Padilah menuturkan dengan adanya koperasi ini mempermudah pemerintah untuk memverifikasi maupun untuk penyaluran bantuan terhadap nelayan.

“Kami berdirikan koperasi ada kemudahan bagi pemerintah. Camat Senayang juga mendukung,”imbuhnya.

Diharapkan Padilah koperasi ini eksis kedepannya menjalankan sebaik mungkin program-program koperasi. Begitu juga bagi pengurus koperasi supaya aktif sesuai tupoksi.

“Langkah awal kita rencana bangun bengkel laut.  Serta berkoordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa terkait usulan modal koperasi melalui ADD ataupun Dana Desa, sejauh ini moodal dari tim koperasi,”tuturnya.(MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *