Kabupaten Lingga Terbaik Ketiga Keterbukaan Informasi Publik

Diposting pada

Foto: Media Center Kominfo Lingga, sebagai ujung tombak Dishubkominfo menyelenggarakan KIP.

LINGGA (MC) – Kabupaten Lingga raih anugerah keterbukaan informasi publik terbaik peringkat tiga dari tujuh kabupaten dan kota se Provinsi Kepri tahun 2015. Anugerah tersebut berdasarkan hasil penilaian dari Komisi Informasi Provinsi Kepri.

Kasi Komunikasi Bidang Kominfo di Dishubkominfo Lingga, Adi Setiawan mengatakan, predikat yang dianugerahi kepada Kabupaten Lingga itu akan terus memotivasi pihaknya sebagai pengelola informasi, guna meningkatkan kualitas keterbukaan informasi kepada publik.

“Lingga mendapat peringat ketiga se Kepri. Penilaian itu mengacu pada usaha pemerintah daerah menyelenggarakan infomasi publik yang terbuka dan transparan,” kata dia, dikantornya, Selasa (22/12).

Adi mengatakan, sejauh ini pihak Kominfo Lingga terus meningkatkan upaya keterbukaan informasi publik tersebut melalui berbagai cara. Terutama meningkatkan publikasi Perda dan transparansi keuangan daerah melalui website resmi milik Kabupaten Lingga.

Selain itu, beberapa kegiatan yang berjalan dibawah naungan bidang Kominfo seperti Media Center dan PPID, cukup membantu usaha keterbukaan informasi di Kabupaten tersebut.

“Peran Media Center sejauh ini sangat membantu daerah mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan. Kegiatan ini juga akan terus kita tingkatkan, terutama pengembangan fasilitasnya sampai ke tiap kecamatan,” terangnya.

Dipaparkannya, peran Media Center di Kabupaten Lingga adalah sebagai tempat untuk mengakses informasi bagi publik melalui fasilitas yang dihibahkan Kementrian Kominfo pada penghujung 2013 lalu. Selain itu, juga memberitakan program-program pembanguan serta keuangan pemerintah daerah melalui website resmi.

“Kita telah memanfaarkan fasiltas dari Kementrian Kominfo itu secara maksimal. Sejauh ini, kita juga memfasilitasi kegiatan maintanance untuk perangkat di Media Center,” terangnya.

Dia mewakili Dishubkominfo berharap, usaha Kabupaten Lingga menggelar pemerintahan yang transparan dengan keterbukaan informasi publik tersebut, dapat disuport oleh seluruh pihak. “Kita akan sangat terbantu jika semuanya sinergi. Tanpa dukungan instsnsi lain, kita tidak mampu menjalankan keterbukaan informasi publik tersebut,” tutupnya.

Informasi yang dihimpun KP, untuk peringkat kabupaten kota se Kepri dalam upaya keterbukaan informasi publik, di mulai dari peringkat teratas yakni, Kabupaten Bintan, Kota Batam, Kabupaten Lingga, Kabupaten Anambas, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Karimun. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *