Awe-Nizar Raih Suara Terbanyak Berdasarkan Rekapitulasi KPU

Diposting pada

Foto: Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat KPU Kabupaten Liingga. Ard

LINGGA (MC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga gelar pleno perhitungan perolehan suara Pilkada serentak 2015, di Lela Sangguna Daik Lingga, Rabu (16/12/2015). Dari hasil pleno rekapitulasi tersebut terpantau pasangan calon kepala daerah Awe-Nizar unggul dari tiga pasangan lainnya. 

Dengan hasil pleno itu, sudah bisa dipastikan, perebutan kursi Kepala Daerah Kabuapten Lingga periode 2016-2021 mendatang, dimenangkan paslon nomor urut 4, Awe-Nizar.

Untuk jumlah total perolehan suara masing-masing paslon, pasangan Awe-Nizar memperoleh suara sah sebanyak 25.532 suara, atau 49,74 persen dari total suara sah yakni 51.326 suara. Disusul pasangan Harlianto-Algazali dengan perolahan suara sebanyak 17.701 suara sah, pasangan Ute-Sah dengan 4.601 suara sah, dan pasangan Ican-Isnin dengan 3.492 suara.

Sementara untuk hasil perolehan suara Pilgub, pasangan nomor urut 1 Sani-Nurdin unggul dengan suara sah 27.632 suara, dari pasangan nomor urut 2, Suryo-Ansar dengan 22.342 suara sah.

Meskipun penetapan pemenang Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Lingga akan digelar KPU Lingga, Senin (21/12/2015) mendatang, namun sudah bisa pastikan pasangan Awe-Nizar keluar sebagai pemenang.

Ketua KPU Lingga, Agussyuriawan mengatakan, hasil pleno sudah disetujui oleh semua saksi tanpa ada gugatan keberatan terhadap hasil rekapitulasi suara tersebut.

“Hari ini berjalan lancar, semua telah menyepakati hasil pleno penghitungan suara Pilkada,” kata dia, usai pleno tersebut.

Hal yang sama juga di kemukakan oleh ketua Panwaslu Lingga, Jazwir usai pleno KPU tersebut. Menurut Jazwir, pleno penghitungan suara berjalan dengan baik, dan tidak ditemukan adanya kesalahan yang merujuk kepada perubahan hasil perolehan suara semua pasangan calon.

“Kita tidak mendapati adanya kecurangan perhitungan suara. Semua berjalan lancar dan hasilnya disetujui oleh seluruh saksi paslon yang hadir,” kata Jazwir usai pleno KPU.

Dengan hasil yang telah direkapitulasi oleh KPU tersebut, menjadi acuan KPU Lingga dalam penetapan pasangan pemenang Pilkada serentak di Kabupaten Lingga, Senin mendatang. (MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *