Bupati Sampaikan Nota RAPBD 2016

Diposting pada

Foto: Bupati menyerahkan dokumen Nota Keuangan RAPBD 2016 kepada eksekutif. Ard

Lingga, MC – Bupati Lingga Edi Irawan sampaikan nota keuangan pada APBD murni 2016 dengan sejumlah rencana pembangunan dan peningkatan infrastruktur, dalam paripurna di aula gedung DPRD Lingga, Senin (7/12).

Sejumlah infrastruktur dasar seperti fasilitas listrik, air, Pelabuhan Perikanan serta pembanguunan pelabuhan yatch, menjadi salah satu sasaran pembangunan pemerintah Kabupaten Lingga tahun 2016 mendatang.

“Hal tersebut menjadi fokus pemerintah karena sangat berpotensi dalam pencapaian hasil bagi pendapatan asli daerah (PAD) di tahun mendatang,” kata Edi, dalam pidato penyampaian nota keuangan tersebut.

Selain beberapa hal itu, Edi juga menyebutkan, beberapa prioritas pembangun di bidang lainnya di tahun 2016, seperti pengembangan agrominawisata dan ketahanan pangan, pengembangan sektor unggulan dan pemasaran hasil-hasil produksi rakyat, Peningkatan kualitas UMKM, pelestarian nilai-nilai budya melayu, serta peningkatan sarana keagamaan.

Sementara itu, dalam usaha peningkatan pelayanan publik dan percepatan pembangunan desa di Kabupayen Lingga, kata Edi, dana desa dinaikkan menjadi 47 miliar, atau naik 124 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk meningkatkan kinerja pegawai di Lingga, tambah Edi, Pemkab akan mengusahakan peningkatan tunjangang dengan gaji 14.

Dari jumlah total APBD murni di 2016 mendatang yang berjumlah 754,3 Miliar, disebutkan Edi, tidak ada ploting anggaran untuk membiayai Devisit serta subsidi daerah. Karena untuk jumlah devisit Lingga tahun 2015 ini nol rupiah.

Adapun jumlah APBD 2016, dalam penyampaian nota keuangan tersebut, kata Edi, mengalami peningkatan di sejumlah sektor, antara lain dana alokasi umum 412 Miliar atau naik 104 miliar dari tahun sebelumnya. Sedangkan alokasi khusus meningkatan menjadi 78 miliar.

Sementara alokasi dana bagi hasil (DBH) dari sektor pajak sebesar 28 Miliar, dan non pajak 74 Miliar, atau turun dari tahun sebelumnya sebesar 62 persen. (MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *