Sekda Lantik dan Resmikan Forum DAS

Diposting pada

Foto : Sekda Lingga, M Aini melantik 41 anggota Forum DAS sekaligus meresmikan Forum tersebut. Ard

Lingga, MC – Sekda Kabupaten Lingga, Muhammad Aini resmikan Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai  (Forum DAS), sekaligus melantik 41 orang anggotanya. Forum tersebut dibentuk berlandaskan aturan Mentri Kehutan RI, P.61/MENHUT-II/2013 tentang forum koordinasi aliran sungai.

M Aini, dalam sambutan Bupati Lingga yang ia sampaikan di aula Kantor Bupati, Selasa (17/11) menyebutkan, terbentuknya forum tersebut menjadi harapan daerah dalam mengatasi permasalahan sungai-sungai di Kabupaten Lingga, mulai dari pelestarian hingga mencegah bencana yang ditimbulkan oleh sungai tersebut.

Dia menjalaskan, Kabupaten Lingga memiliki cukup banyak sungai dan anak-anak sungai. Sedangkan struktur daerah Lingga yang memiliki pegunungan dan perbukitan dengan curah hujan cukup tinggi karena berada di lintasan garis khatulistiwa, membuat keberadaan sungai harus dikelola dengan baik.

“Aliran sungai yang ada di kabupaten Lingga harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan dampak lingkungan dan persoalan yang tak diinginkan di kemudian hari,” kutipnya.

Selain itu, aturan Menhut RI tentang forum koordinasi aliran sungai tersebut melandasi Forum DAS untuk dapat menjalakan perannya mengkaji, konsultasi, koordinasi dan komunikasi bersama para pihak yang berkepentingan terhadap pengelolaan DAS.

Hal itu menjadi harapan, terwujudnya keterpaduan dan keserasian dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, monitoring dan evauasi DAS. Serta menjadi masukan kepada pengambil keputusan baik kepada eksekutif maupun legislatif di tingkat Pusat dan Daerah.

Untuk itu, Bupati Lingga melalui Sekda, mengharapakan Forum tersebut dapat berjalan sesuai tugas dan fungsinya kedepan, serta menjadi jembatan antar lembaga sektoral dalam mengatasi permasalahan daerah aliran sungai. (MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *