6 Prioritas Pembangunan 2016 Lingga Dalam Pembahasan

Diposting pada

Foto: Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Lingga, Muhammad Ishak. Net 

Lingga, MC – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Lingga, telah mempersiapkan 6 prioritas pembangunan di tahun anggaran 2016 mendatang. Sejumlah item proritas tersebut kini sedang dibahas TAPD bersama Banggar DPRD, dalam pembahasan KUA-PPAS RAPBD 2016 Kabupaten Lingga.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga Muhammad Ishak, Selasa mengatakan, 6 prioritas pembangunan daerah tersebut di tahun 2016 mendatang yakni, pemantapan penyediaan sarana dan prasarana wilayah dan memperkuat prasarana pedesaan.

Selanjutnya, Pemantapan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, pengembangan agrominawisata dan ketahanan yang berkelanjutan, pelestarian nilai dan seni budaya melayu, serta agrominawisata dan ketahanan pangan.

“Agar nantinya pengesahan RAPBD Kabupaten Lingga 2016 berjalan sesuai rencana, Tim TAPD dan Banggar DPRD Lingga sudah mulai melakukan pembahasan bersama tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) untuk RAPBD 2016 mulai kemarin, Senin (16/11) malam,” kata dia.

Dijelaskan Ishak, pembahasan  di mulai dengan penyampaian beberapa capaian dan target indikator makro ekonomi.Target pertumbuhan ekonomi angka kemiskinan dan PDRB. 

Dari bahasa tersebut target pertumbuhan  ekonomi pada Tahun 2016 ditargetkan sebesar 6,8 persen  dan angka kemiskinan 9,8 persen.

Penyusunan KUA RAPBD 2016 tersebut, lanjutnya, untuk penentuan prioritas pembangunannya dengan mempedomani  RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Nasional 2015-2019 dan Rencana Kerja Pemerintah juga.

“Kita sinergikan juga dengan RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) Induk dan Prioritas Pembangunan Provinsi Kepri tahun 2016 dan RPJP Kabupaten Lingga 2005-2020,” terangnya.

Namun untuk RPJM  (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Kabupaten Lingga tahun 2016-2020 masih belum tersusun. Rencananya akan di susun kembali setelah terpilihnya kepala daerah nanti.

“Penyusunan RPJM 2016-2020 mengacu dari visi misi calon kepala daerah yang terpilih nanti,” tutupnya.

Pantauan di lapangan, pada saat pembahasan KUA tersebut, dari TAPD Pemkab Lingga dipimpin langsung ketua TAPD, Plt Sekda Lingga M Aini. Semantara dari Banggar DPRD, dipimpin ketua Banggar H Kamaruddin Ali. (MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *