SMAN 1 Lingga Siap Menyelenggarakan UKG Online

Diposting pada

Foto : Teknisi Lab Komputer SMAN 1 didampingi staf Dishubkominfo sedang mengatur koneksi internet Lab komputer. Ard

Lingga, MC – Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lingga, Fezi Karyadi, Senin (2/11) mengatakan, Laboratorium Sekolah Menengah tersebut telah siap menyelenggarakan ujian kompetensi guru (UKG) sistem online untuk pertama kalinya di Kabupaten Lingga, 9 November 2015 mendatang.

“Segala persiapan perangkat dan jaringan di lab telah terpasang. Hanya tinggal maintanance koneksi jaringan saja. Sejauh ini, kita nilai secara kondisinya, siap menyelenggarakan UKG,” kata dia.

Fezi menjelaskan, persiapan yang dilakukan pihak sekolah sejak ditunjuk sebagai satu dari empat lokasi UKG di Kabupaten Lingga, berjalan lancar. Bersama-sama dengan 3 sekolah lainnya yakni, SMAN 1 Singkep, SMAN 2 Singkep, dan SMKN Singkep, pihaknya siap menyelenggarakan ujian sistem online untuk pertama kalinya di daerah tersebut.

Dengan dukungan Dishubkominfo dan pihak Komite sekolah, Lab SMAN 1 Lingga kini menyediakan 20 unit komputer dan suport jaringan internet memadai, untuk digunakan 700 guru peserta UKG online itu, pada hari H.

“Untuk 700 peserta UKG, akan dibagi menjadi 3 shift per hari. Khusus untuk SMAN 1 Lingga, UKG dijadwalkan berlangsung selama 10 hari,” kata dia.

Kesiapan penyelenggaraan UKG oleh pihaknya tersebut, dikatakan Fezi, juga dilihat dari keberhasilan simulasi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Tim pengawas juga telah dua kali meninjau kesiapan lokasi ujian ini, mereka menilai kita siap,” kata dia.

Saat ini, lanjut Fezi, hanya tinggal pemantapan alat dan jaringan. Kekhawatiran pihaknya justru pada arus Listrik PLN yang sering hidup-mati.

“Kita khawatirkan arus Listrik yang sering hidup-mati. Ini akan mengganggu jalannya ujian. Kalau masalah perangkat, kita telah siapkan cadangan,” terangnya.

Sementara itu, terkait jaringan koneksi internet yang ia nilai hal yang paling vital, Fezi berharap, dengan adanya dukungan Dishubkominfo Lingga, dapat menjamin keberlangsungan ujian UKG tersebut.

Ditempat yang sama, Said Asmarfizan, Kabid Kominfo di Dishubkominfo Lingga mengemukakan, khusus untuk kegiatan UKG di lokasi tersebut, pihaknya akan mensuport penuh kebutuhan Lab SMAN 1 Lingga.

“Nanti kita pastikan memenuhi kebutuhan. Kita masih punya stock bandwith sebesar 30 Mb. Kita masukkan kesini secukupnya. Namun untuk persiapan awal kita coba dengan kecepatan 6 Mb,” kata Asmarfizan, usai meninjau lokasi tersebut.

Dia juga mengatakan, Kominfo akan terus memantau dan memaintanance kondisi jaringan untuk ruang ujian tersebut.

“Sudah 4 kali kita turun kelokasi, memantau persiapan tempat ujian UKG ini. Kita juga akan tempatkan teknisi jaringan di lokasi selama berlangsungnya UKG nanti,” tutupnya. (Mc Lingga)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *