Pemkab Lingga Peringati Sumpah Pemuda Ke 87

Diposting pada

Lingga, MC – Pemerintah Kabupaten Lingga bersama segenap jajaran ASN, Pelajar dan lembaga kepemudaan, melaksanakan apel peringatan hari Sumpah Pemuda ke-87, didepan halaman kantor Bupati Lingga, Rabu (28/10).

Apel yang melibatkan sejumlah anggota Pemuda Pancasila (PP) sebagai petugas pelaksana Apel, dan Plt Sekda Lingga Muhammad Aini, selaku inspektur upacara (Irup), berlangsung hikmat.

Momen sumpah pemuda ke 87 yang mengangkat tema besar “Aksi Menuju Satu Bumi”, Muhammad Aini selaku Irup membacakan Naskah pidato dari Kemenpora RI yang menyinggung permasalahan kabut asap yang terjadi di tanah air akhir-akhir ini.

Menurutnya, diperlukan partisipasi pemuda untuk mengatasi persoalan tersebut. fenomena yang kerap terjadi di Indonesia itu, harus mengingatkan para pemuda agar memiliki kesadaran lingkungan. 

Apalagi, sebagai negara yang berpotensi menghadapi berbagai bencana seperti gempa, banjir, letusan gunung api dan sebagainya karena berada di wilayah ‘ring of fire’’, kesadaran pemuda terhadap lingkungan nasional dan global juga harus lebih ditingkatkan.

Selain itu, tema tersebut juga diambil atas keprihatinan mendalam terhadap dua hal yaitu, berubahnya pola realasi kemasyarakatan kita akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi serta pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini.

“Salah satu isi ikrar penting dalam sumpah pemuda adalah, satu tanah air, tanah air Indonesia,” ungkapnya.

Mengakhiri pidatonya tersebut, dirinya berharap agar pemuda pemudi harapan bangsa melalui revolusi mental pemuda kita, berharap agar lahir generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negaranya.

Selain itu, para pemuda juga harus mampu bersatu dengan meninggalkan ego sukunya, ego agamanya, ego kedaerahannya, ego kelompoknya dan ego pribadinya demi kepentingan yang lebih besar yaitu Indonesia, seperti yang pernah dilakukan oleh para pemuda pendahulu kita.

” Inilah tanah air kita, inilah bumi kita, inilah masa depan kita,” tutupnya.

pantauan di lapangan, bertindak sebagai petugas upacara pada Apel Upacara Hari sumpah pemuda ini adalah Ormas Pemuda Pancasila selaku Komandan Upacara Yudi Saputra, SH ketua Bidang hukum di MPC PP Lingga. 

Pembaca UUD 1945 Hendri Febrian ketua PAC Lingga, Pembaca Naskah Kongres Deklarasi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 oleh Jannatun Naim Ketua Bidang Usaha di MPC PP Kabupaten Lingga. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *