Benan Usulkan Jalan Lingkari Pulau Wisata

Diposting pada

Lingga, MC – Desa wisata Benan mengusulkan pembangunan jalan melingkari pulau sujauh 8 Kilometer, kepada Satker Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri, guna menunjang fasilitas desa wisata tersebut sebagai salah satu gerbang wisata Lingga.

Kepala desa Benan Mar’at, yang ditemui di Lingga, Rabu (20/10) mengatakan, untuk menindaklanjuti pembangunan jalan lingkar di Pulau Benan, pihak desa sudah menyurati Satker Dinas PU Provinsi Kepri, untuk meneruskan pembangunan jalan tersebut.

“Usulan kita itu jalan sepanjang 8 km dengan lebar tiga meter. Ini jalan untuk jalan lingkar wisata,” kata dia.

Dikatakan, usulan tersebut pada prinsipnya sudah disampaikan kepada Pejabat Bupati Lingga untuk menindaklanjuti surat Satker PU Provinsi Kepri.

Usulan ini, terang Mar’at untuk pembangunan di Pulau Benan pada tahun 2016 mendatang. Karena saat ini, pertimbangan desa sudah menyusun ancang-ancang untuk mengelolah secara mandiri objek wisata desa Benan.

“Prinsipnya. Usulan saya itu ditiindaklanjuti Pak Edi Irawan. Untuk tahun 2016 nanti. Kita minta fasilitas struktur dulu,” ujarnya.

Dijelaskannya, desa Benan tetap berupaya melakukan pembinaan desa wisata, termasuk peningkatan fasilitas wisata. Selain infrastruktur, pihak desa juga berupaya membentuk pengolahan salah satu hasil alam di Benan yaitu oil cocounut. Karena secara kualitas ini mendukung untuk wisata desa Benan.

Terkait dengan hal itu, maka fasilitas infrastruktur juga harus dipenuhi terlebih dahulu.

“Desa sudah menata, kalau dibangun jalan lingkar, desa sudah planingkan sebagai jalur wisata yang dapat ditempuh dengan sepeda,” ungkapnya.

Saat ini, hampir seluruh lingkar Desa Benan sudah dibangun jalan lingkar dengan lebar 3 km. Hanya saja, saat ini yang tersisa yang belum dibeton sepanjang 8 km.

Disinggung mengenai sejumlah fasilitas yang ada saat ini, terang Mar’at perlu dikelolah dengan baik. Termasuk penataan cottage yang dibangun pemerintah. 

Dengan harapan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi warga dibidang pariwisata desa.

“Kita harapkan, desa wisata benan dapat mendiri,”ungkapnya.(MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *