Buku Dahlan, Refrensi Sejarah Melayu Pelajar Lingga

Diposting pada

Lingga, MC – Buku tentang Sejarah Melayu karya walikota Batam Ahmad Dahlan, dapat dijadikan refrensi sejarah melayu dan sumber pembelajaran para generasi muda, terlebih lagi pelajar di Kabupaten Lingga, kata Bupati Lingga Edi Irawan, di Daik, Rabu (7/10).

“Kita tahu bahwa Kabupaten Lingga adalah Bunda Tanah Melayu yang sangat banyak menyimpan sejarah melayu, jadi buku karya Ahmad Dahlan ini sangat cocok untuk di baca generasi muda di Kabupaten Lingga,” kata dia, yang telah mendapatkan buku tersebut, langsung dari penulisnya.

Dia mengucapkan banyak terimakasih kepada Walikota Batam tersebut, yang talah menghadiahkan buku Sejarah Melayu itu kepadanya. Ia juga merasa terhormat, dapat mengoleksi karya salah seorang putra terbaik melayu.

“Saya saat ini memimpin Kabupaten Lingga, jadi buku ini sangat membantu saya, untuk mepelajari Sejarah melayu,” lanjutnya.

Dia berharap ke depan, buku yang ditulis Ahmad Dahlan, bisa membantu generasi muda Melayu, dalam mempelajari sejarah dan khazanah melayu.

“Isi bukunya sangat bagus, disana dikupas sejarah Melayu. Jadi ini sangat cocok untuk Generasi muda,” kata dia.

Buku tersebut, memaparkan kilas balik tentang kejayaan masa kemajuan sejumlah kerajaan di Kepulauan Riau.

Di masa itu sejumlah kerajaan Melayu sukses dalam berbagai bidang baik dari segi sejarah, pengembangan seni, hingga perdagangan, dengan mengacu kelengkapan data yang juga menggambarkan berbagai cerita budaya dari berbagai artifak khazanah Melayu sejak 700 tahun lalu.

Selain itu, buku tersebut juga mengangkat berbagai hal terkait mengapa bahasa Melayu yang awalnya sebagai pelopor bahasa Nusantara, tidak dapat berkembang.

Edi berharap, buku karya Ahmad Dahlan itu dapat dibaca para generasi muda Kabupaten Lingga, sehingga mampu mengenal lebih jauh seperti apa Kerajaan melayu di masa lampau. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *