Pemkab Lingga Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Diposting pada

Lingga, MC – Jajaran pemerintah Kabupaten Lingga, bersama para pelajar menggelar apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Kantor Bupati Lingga, Kamis (1/10). Kasiman Asisten Tiga Pemerintah Kabupaten Lingga, sekaligus Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU)  bertindak sebagai inspektur upacara pada apel tersebut.

Dalam surat edaran Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), menyebutkan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2015, diselenggarakan secara nasional dengan tema ”Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila”.

Pantauan di Lapangan, apel berjalan dengan hikmat. Hampir seluruh Pegawai dan pelajar mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA, menghadiri pelaksanaan apel tersebut.

Pelaksanaan apel di Lingga tersebut, Kasiman selaku inspektur uparaca membacakan teks pancasila dan Wakil ketua I DPRD Kabupaten Lingga, Kamaruddin Ali, membacakan Ikrar Pancasila.

Adapun ikrar yang dibacakan oleh Kamaruddin Ali adalah, Bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.

“Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan pancasila sebagai ideologi negara,” lanjut Kamaruddin Ali.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi pancasila, bangsa indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

Maka dihadapan tuhan yang maha esa dalam memperingati hari kesaktian pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan negara kesatuan republik indonesia.

Setelah pembacaan ikrar pancasila upacara kesaktian pancasila ditutup dengan pembacaan doa, oleh petugas yang sudah ditetapkan oleh panitia upacara Kesaktian pancasila. (MC Lingga) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *