KPU Lingga Mulai Sosilisasikan Cara Memilih

Diposting pada

Lingga, MC – KPU Lingga masuki tahapan sosialisasi tata cara pemilihan kepala daerah untuk Pilkada serentak 9 Desember mendatang, kepada calon pemilih khususnya masyarakat pesisir dan pemilih pemula.

Juliati, Komisioner KPU Lingga, divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan SDM mengatakan, sosialisasi tata cara pemilihan tersebut akan menggandeng PPS sebagai perpanjangan tangan pihak KPU dalam mensosialisasikan tata cara pemilihan secara merata di tiap Desa.

“Kita gandeng PPS tiap desa dalam sosialisasi ini, kita ingin merata ke semua desa,” kata Juliati, di Lingga, Kamis (1/10).

Untuk pemilih pemula, dia katakan, materi sosialisasinya di titik beratkan pada pendidikan pemilih. Hal itu mengingat pengetahuan mereka dalam memilih masih sangat minim.

“Pendidikan pemilih, kita utamakan Untuk pemilih pemula. Target kita pelajar SMA kelas tiga dan pelajar berumur diatas 17 tahun. Kita didik mereka cara memilih yang benar,” tuturnya.

Materi sosialisasi dilanjutkan Juliati, juga menyangkut bentuk kertas suara, cara sah mencoblos, syarat memilih dan aturan dalam pemilihan.

“Kertas suara Pilkada kali ini jauh berbeda dengan Pemilu Legislatif 2014 lalu. Jadi wajib kita kenalkan kepada calon pemilih,” ungkapnya.

Selain pemilih pemula, sosialisasi juga diarahkan kepada majelis taklim, tokoh masyarakat, warga pesisir, serta forum temu warga lainya.

Sementara itu, untuk output dari sosialisasi KPU tersebut, dikatakan Juliati, dapat mewujudkan pencapaian target yang telah ditetapkan KPU Lingga yakni, 85 persen suara partisipan.

Persentase target itu, lebih  tinggi dari target yang ditetapkan KPU Lingga pada Pileg 2014 lalu, serta target secara nasional untuk Pilkada serentak 9 Desember 2015 yakni 77, 5 persen partisipan.

“Kita harap masyarakat yang memiliki hak pilih, datang ke TPS pada hari H. Suara mereka sangat berpangaruh terhadap maju mundurnya Kabupaten ini, lima tahun kedepan,” tutup Juliati. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *