Lanal Ujung Tombak Pengawasan Laut Lingga

Diposting pada

Lingga, MC – Keberadaan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep, menjadi ujung tombak pengawasan sektor laut di wilayah perairan Kabupaten Lingga. Hal tersebut ditegaskan Bupati Lingga Edi Irawan, saat menyambut kunjungan silaturahmi Danlanal Dabo Singkep ke gedung daerah, Daik Lingga, Selasa (29/9).

Menurut Edi Irawan, melalui Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Lingga, Okta mengatakan, bentuk geografis Kabupaten Lingga dengan 96 persen lautan dan hanya 4 persen daratan, membuat sektor laut sangat penting untuk diawasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antar Pemkab dan instansi vertikal seperti Lanal, dalam menjaga dan mengawasinya.

“Laut Lingga cukup luas, untuk itu Pemkab menjalin kerjasama dengan Lanal, untuk memperkuat pengawasan sektor laut Lingga,” kata dia di Lingga, Selasa.

Kerjasama yang telah dibangun kedua pihak tersebut, dikatakan Edi, terus terjalin baik. Meskipun secara regulasi kepemimpinan Komandan Lanal Dabo Singkep tersebut, hampir setiap tahunnya berganti.

“Hari ini, Pemkab Lingga menyambut baik kedatangan Danlanal Letkol Laut Ruli Riono, bersama penggantinya Mayor Agus Srianto, dalam rangka silaturahmi sekaligus mengenalkan pimpinan Lanal yang baru,” kata dia.

Dia menjelaskan, per 1 Oktober 2015, Letkol Laut (P) Rulli Riono, secara resmi akan melakukan serah terima jabatan Komandan Lanal kepada Mayor (P) Agus Sriyanto, yang dalam waktu dekat, akan menjadi Letkol Laut.

Danlanal baru tersebut, dikatakan Edi, akan mengawal 96 persen laut Kabupaten Lingga selama masa tugasnya menjadi pimpinan pangkalan AL di Dabo Singkep. Untuk itu, kedatangannya ke Gedung Daerah Daik Lingga, di sambut baik.

Bupati Lingga mengharapkan, kondisi kerjasama yang telah tejalin sejak dulu tersebut dapat terus dijaga kedua pihak, demi mewujudkan Lingga yang aman. Selain itu, Edi juga berharap Danlanal dapat betah dan nyaman selama bertugas di Lingga. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *