Dinkes Lingga Bagikan Masker Kepada Masyarakat

Diposting pada

Foto: Kisan Jaya, Camat Singkep turut serta dalam pembagian masker kepada masyarakat. Istimewa

Lingga, MC – Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, membagikan masker kepada masyarakat secara gratis, di simpang Wisma Ria, Dabo Singkep, Selasa. Hal tersebut dilakukan, mengingat kabut asap kiriman Sumatera yang mulai melanda wilayah Lingga seminggu terakhir, dan mulai berdampak pada kesehatan masyarakat.

Ignasius Luti, Kadinkes Kabupaten Lingga, disela pembagian masker kepada masyarakat mengatakan, akibat dari kabut asap ini, banyak masyarakat yang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), memang bagi warga yang alergi, batuk serta pengidap penyakit pernapasan lainnya, akan mudah terkena ISPA disaat kabut asap.

“Memang benar banyak warga yang terkena ISPA dan saat ini dirawat di Puskesmas, kita menghimbau kepada masyarakat untuk memakai masker kalau keluar rumah,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi semakin berambahnya korban ISPA, dikatakan Luti, Dinkes Lingga melalui bantuan Dikes Provinsi Kepri, mengambil inisiatif untuk membagikan masker kepada masyarakat secara gratis meskipun jumlahnya terbatas.

“Jika menunggu dari Pemkab Lingga, entah kapan kita baru dapat memberikan masker gratis kepada masyarakat, karena saat ini Pemkab sedang mengalami defisit anggaran,” kata dia.

Luti menjelaskan, untuk pengadaan masker secara gratis, kami telah mengusulkan permintaan masker ke Dinkes Provinsi Kepri, karena defisit yang melanda Kabupaten Lingga, sehingga anggaran untuk pengadaan masker tidak ada.

“Dengan pembagian masker gratis terhadap masyarakat, kita beharap ada pihak lain yang juga ikut membagikan masker gratis kepada masyarakat, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat,” imbuhnya. 

Pantauan dilapangan, Kadinkes dan sejumlah pegawai Dinkes Lingga terlihat aktif dalam membagikan masker dan mensosialisasikan dampak kabut asap terhadap kesehatan kepada pengendara speda motor yang melintasi simpang Wisma Ria Dabo Singkep. Camat Singkep Lingga, Kisan Jaya juga terlihat turut ambil bagian dalam kegitan sosial tersebut. (MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *