Dishubkominfo Lingga Usulkan Fasilitas Sei Tenam di APBD-P

Diposting pada

Foto: Ruang tunggu pelabuhan Sei Tenam, masih belum dilengkapi sarana penunjang seperti Air. Ard

Lingga, MC – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga, usulkan pembangunan fasilitas penunjang pelabuhan Sungai Tenam, Kecamatan Lingga Utara, dalam pembahasan APBD Perubahan Kabupaten Lingga tahun 2015.

Selamat, Kepala Bidang Laut Dishubkominfo Lingga, mengatakan, pihaknya sangat berharap usulan tersebut disetujui dalam pembahasan APBD Perubahan, mengingat target pemerintah mengaktifkan jalur pelayaran domestik melalui pelabuhan Sungai Tenam di tahun 2016, hanya tinggal beberapa bulan lagi.

“Saat ini fasilitas yang betul-betul siap hanya pelabuhan, ruang tunggu dan kantor. Untuk fasilitas penunjang lainnya seperti jaringan listrik, air, kantor pelayanan retribusi, parkir dan sebagainya, belum ada,” kata dia, di Lingga, Sabtu (12/9).

Dia menjelaskan, sekitar Rp 2 Milyar, anggaran yang akan diserap dalam kegiatan peningkatan fasilitas pelabuhan tersebut. Dimulai dari pembangunan portal retribusi, kantin, pos penjagaan, fasilitas jaringan air, serta jalan menuju kantor.

“Anggaran yg kita usulkan sekitar 2 Milyar. Kita menyadari kalau saat ini keungan daerah sedang sulit. Namun kita mendukung usaha Pemkab melakukan peminjaman 50 Milyar kepada pihak ketiga. Ini akan sedikit membantu kita mencapai target pembangunan pelabuhan tersebut,” kata dia.

Dikatakan Selamat, aktifnya pelabuhan Sungai Tenam merupakan cita-cita Pemkab Lingga dan Pemprov Kepri. Pelabuhan tersebut di rancang guna menunjang berbagai sektor, seperti ekonomi, pariwisata dan sebagainya, yang dapat membantu daerah dalam usaha peningkatan perekonomian rakyat kedepan.

“Dengan aktifnya pelabuhan Sungai Tenam, jarak antara Batam dan Lingga hanya 1 Jam perjalanan laut. Ini akan mempermudah akses ekonomi dan pariwisata antar kedua daerah,” terangnya.

Jika hal tersebut disetujui, dikatakan Selamat, tahun 2016 mendatang, jalur pelayaran dari Sungai Tenam sudah bisa di aktifkan. Minimal, Dishubkominfo akan menyediakan perintis untuk melayani jalur pelayaran ke Batam.

“Kapal yang tujuan Lingga juga akan kita arahkan untuk transit di Sungai Tenam, baik dari pelabuhan Pancur, Jagoh, maupun Tanjung Buton. Kapal regular Arena 3 sudah siap untuk itu,” paparnya.

Dia juga menambahkan, selain usaha pembangunan fasilitas oleh Dishubkominfo, pihaknya juga minta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU), membangun lahan parkir pelabuhan. Hal tersebut, juga dirasakan sangat penting untuk sebuah pelabuhan Domestik.

“Kita juga minta PU bangun lahan parkirnya, ini pelabuhan domestik, harus ada lahan parkirnya,” katanya lagi.

Dia mewakili Dishubkominfo Lingga, mengharapkan usulan yang diajukan untuk menyiapkan segala keperluan pelabuhan Sungai Tenam, dapat disetujui dalam pembahasan APBD Perubahan. (MC Lingga) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *