Warga Benan Implementasikan HUT RI Dengan Semangat Menjaga Lingkungan

Diposting pada

Foto: Warga dan pelajar di Desa Benan mengikuti seminar Lingkungan Hidup. Ard

LINGGA, MC – Warga desa wisata Benan, Kabupaten Lingga, mengimplementasikan makna kemerdekaan Indonesia ke 70, dengan semangat menjaga lingkungan hidup, melalui kegiatan edukasi lingkungan desa wisata, transplantasi coral, penanaman pohon dan bakau, di desa wisata tersebut. 

Kegiatan itu dilakukan warga bersama komunitas Pecinta Alam Lingga (KePAL), Diving Lingga Club, Rumah Pohon dan Rumah Hutan, saat kunjungan bakti lingkungan beberpa komunitas asal Lingga tersebut ke Desa Benan, Sabtu (15/8).

Armilus S.Pi M.Si, seorang penyuluh perikanan yang menjadi narasumber untuk kegiatan edukasi lingkungan dan pencangkokan karang tersebut mengatakan, adanya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup akan berdampak baik terhadap pemulihan laut. Wilayah kabupaten Lingga dengan 96 persen lautan, 600 pulau kecil serta ketergantungan masyarakat pesisir dengan laut sudah seharusnya menjaga keseimbangan alam.

“Dunia semakin tua. Jadi kita harus peduli dengan lingkungan,” ungkap Arlimus, yang juga salah seorang pelopor klub selam Lingga ini.

Lewat upaya-upaya seperti ini, kegiatan edukasi lingkungan dan pencangkokan karang yang melibatkan anak-anak desa Benan, di harapkan Armilus kepedulian warga terhadap lingkungan semakin meningkat.

” Yang kita lakukan adalah pencangkokan atau pemotongan trumbu karang hidup, untuk di tanam di wilayah karang yang sudah rusak. Minimal lewat upaya ini, lingkungan akan semakin pulih walaupun tidak bisa kembali pulih seperti awal,” kata dia.

Ia mengatakan, jenis karang yang digunakan adalah jenis Achrohora spesies (karang tanduk red). Sebab jenis karang ini cukup banyak tersebar di laut Benan.

“Ada Achropora jenis biru dan putih. Dalam enam bulan ke depan kita sudah bisa lihat hasilnya. Nanti, karang yang kita bibit ini akan menjadi indukan untuk kita kembangkan lagi,” tuturnya.

Dia menambahkan, selain menjadi penting untuk memulihkan lagi laut di desa wisata Benan, pencangkokan karang juga dapat menjadi salah satu alternatif perekonomian bagi warga. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *