Pawai Obor Tradisi Menyambut Kemerdekaan RI di Kabupaten Lingga

Diposting pada

Foto: Plt Sekda Lingga, M Aini melepas barisan pawai obor dengan mengangkat bendera start. Ard

LINGGA, MC – Ribuan pelajar dari berbagai sekolah se kecamatan Singkep, meriahkan malam menyambut HUT RI dengan arakan pawai obor (Taptu), mengelilingi pusat kota Dabo Singkep, minggu (16/8) malam. Kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi kecamatan Singkep, kabupaten Lingga, saat menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), di setiap tahunnya.

Hendra, salah seorang warga Singkep yang turut menyaksikan acara tersebut mengatakan, pawai obor sudah menjadi tradisi yang tidak pernah ditinggalkan saat malam menyambut perayaan HUT RI di kecamatan Singkep, meskipun kondisi defisit, yang harus diakui secara otomatis mengganggu kegiatan seremonial di tiap wilayah pemerintahan Kabupaten Lingga.

“Tak peduli seperti apapun kondisi yang dialami daerah, pawai obor menyambut HUT RI di Singkep ini tetap saja berjalan tiap tahunnya,” kata Hendra, saat menyaksikan arakan obor yang di bawa peserta pawai, mengelilingi kota Dabo.

Diceritakan Hendra, ketika ia masih duduk dibangku sekolah, dan kabupaten Lingga masih belum terbentuk, ia juga merasakan hal yang sama seperti yang dialami para peserta pawai saat ini. Kondisi ekonomi yang sulit sekalipun, tak menjadi kendala bagi para peserta untuk turut berpartisipasi memeriahkan HUT RI.

“Dulu jaman kami masih sekolah, dari pagi kami sibuk mencari bambu untuk dijadikan obor. Panjangnya beragam, tergantung selera masing-masing. Modal buat beli minyak tanah tak terlalu jadi pikiran lah, karena niatnya ingin memeriahkan hari kemerdekaan kita,” ungkapnya.

Dia berharap, dari kesan kemeriahan pawai obor yang tak pernah berubah tiap tahun tersebut, dapat terus di jaga dan dipertahankan menjadi tradisi yang selalu dapat dinikmati di kecamatannya tiap momen perauaan HUT RI. “Kalau dulu, sebelum jadi kabupaten kita bisa menggelar pawai ini, nanti juga kita tidak boleh melupakannya,” tutupnya.

Pantauan dilapangan, kegiatan di mulai dengan upacara penyalaan obor oleh inspektur upacara, Danramil 04 Dabo Singkep, Inf Rusdianto, dan diikuti penyalaan masing-masing obor peserta. Selanjutnya, barisan pawai dilepas oleh Plt Sekda Kabupaten Lingga, Muhammad Aini, dengan mengangkat bendera start.

Pawai tersebut dimulai dari Lapangan Merdeka Dabo. Para peserta berjalan kaki dengan membawa obornya melewati jalan protokol, mengelilingi pusat kota dan kembali lagi ke tempat semula. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara berlangsung cukup meriah, karena disaksikan oleh cukup banyak masyarakat Dabo Singkep di sepanjang jalan protokol kota Dabo.

Usai pawai tersebut, pemerintah kabupaten Lingga bersama jajaran TNI dan Polri, juga turut melaksanakan kegiatan renungan suci, di makam pahlawan Dabo Singkep. Kegiatan tersebut juga tak pernah luput pada serangkaian agenda peringatan HUT RI oleh Pemkab Lingga tiap tahunnya. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *