KPU Rencanakan Gelar Debat Kandidat Jelang Hari Pemilihan

Diposting pada

Foto : Agussyuriawan, Ketua KPU Kabupaten Lingga. Ard

Lingga, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Lingga, sesuai rencana anggaran biaya (RAB) yang telah disusun, turut menjadwalkan debat kandidat bagi calon bupati dan wakil bupati sebelum dilaksanakannya pilkada pada 9 Desember 2015 mendatang. Hal tersebut disampaikan langsung ketua komisioner KPU kabupaten Lingga, Agussyuriawan di kantornya.

“Debat kandidat, juga bagian dari tahapan Pilkada. Di RAB juga sudah kita susun. Kita masih pelajari. Insyaalah akan kita buat,” ungkap Iwan, panggilan akrabnya, Rabu (12/8).

Untuk penjadwalannya, debat kandidat tersebut, sampai saat ini, disampaikan Iwan, KPU Lingga masih mempelajari lebih lanjut. “Waktu pastinya belum ada. Setelah 27 Agustus nanti, kampanye tertutup di mulai hingga H -3, sekitar tanggal 5 Desember waktu untuk debat terbuka ini. Jadi kita masih punya banyak waktu,” paparnya.

Ditambahkannya, KPU sebagai pelaksana debat kandidat juga bekerjasama dengan pihak ketiga.

“Pihak ketiga kita ya akademisi. Kita (KPU red) hanya menfasilitasi. Kita sedang menunggu petunjuk, seperti apa pelaksanaan kegiatan debat nanti,” tambah Iwan.

Sedangkan untuk masalah teknis pelaksanaan debat, dikatakan Iwan, kegiatan debat akan dilaksanakan ditempat umum. Seluruh warga masyarakat Lingga diharapkan hadir untuk menengarkan langsung visi misi para calon yang akan di uji publik dengan adanya kegiatan tersebut. Selain itu, KPU Lingga juga akan bekerjasama dengan radio lokal, RBTM agar debat dapat disiarkan secara langsung kepada masyarakat-masyarakat pesisir.

“Kalau TV, harus TV nasional. Kemungkinan besar, kita juga akan bekerjasama dengan radio lokal agar warga Lingga yang jauh di pulau-pulau dapat memantau debat memalui media radio,” tambah Iwan.

Sementara itu, ketua Ormas Gerakan Masyarakat (Gema) Lingga, Zuhardi atau lebih akrab di sapa Juai menyambut baik tahapan pilkada yakni debat kandidat tersebut. Ia menilai, tahapan ini sangat perlu. Selain meperkenalkan para pasangan calon yang bersaing, debat kandidat juga menjadi tolak ukur dan kesiapan para calon memimpin kabupaten Lingga.

“Kita akan beri dukungan ke KPU agar debat kandidat dapat dilaksanakan. Kita tidak mungkin pilih kucing dalam karung. Stop politik-politik pembodohan. Kalau sudah berani mencalonkan diri, tentu sudah siap dan paham kondisi dan geograsis Bunda Tanah Melayu ini,” tutup Juai. (Bree/ MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *