Sahang Jadi Pilihan Komoditi Pertanian Di Lingga

Diposting pada

Foto: Perkebunan sahang di Kabupaten Lingga semakin banyak. Net

Lingga, MC – Tingginya harga jual Sahang (lada) membuat sebagian masyarakat di kabupaten Lingga khususnya dipulau Lingga, semakin tertarik untuk berinvestasi pada usaha pertanian Sahang tersebut. Hal itu dibuktikan dengan semakin bertambahnya lahan-lahan perkebunan sahang dibeberapa desa di Kecamatan Lingga, Kecamatan Lingga Timur dan Lingga Utara. 

Seperti di Kecamatan Lingga Timur, masyarakat mengaku tertarik untuk bercocok tanam sahang karena harga jualnya cukup tinggi. Bahkan beberapa pemilik kebun sahang tersebut, mengaku bahwa berinvesatasi pada perkebunan sahang merupakan kerja sampingan yang menjanjikan hasil cukup lumayan dan nantinya diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf perekonomiannya.

Seorang warga Kecamatan Lingga Timur, yang menjadi sumber media ini menuturkan, saat ini masyarakat Lingga Timur cukup antusias bercocok tanam sahang. Beberapa bulan belakangan ini, lahan milik warga yang sudah ditebas, rata-rata digunakan sebagai lahan untuk perkebunan sahang.

“yang sudah dibersihkan rata-rata untuk lahan sahang. Setelah dibakar langsung ditebas dan dipasang kayu penyangga batang sahang,” tuturnya, yang tidak ingin menyebutkan namanya.

Dikatakannya lagi, lahan yang ditebas bukan hanya satu atau dua, namun sudah banyak. “Kita lihat warga semakin minat, mungkin sebagai sampingan ketika tidak melaut,”ujarnya. 

Disisi lain, tumbuh kembangnya usaha perkebunan sahang di Kecamatan Lingga Timur tersebut, sangat didukung oleh pemerintah setempat, meskipun pemerintah setempat belum mampu untuk melakukan pembinaan kepada para petani sahang tersebut.

Seperti yang disampaikan Camat Lingga Timur Abdul Kadir, kepada media ini bahwa, sejak adanya pemutihan lahan oleh pemerintah, sejumlah warga sudah mudah untuk memanfaatkan lahan sebagai tempat cocok tanam.

“Walau saat ini kecamatan belum ada melakukan pembinaan, Pemerintah Kecamatan mendukung sepenuhnya usaha masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonominya. Sekarang lahan banyak dipunyai masyarakat. Bahkan, masyarakat banyak bikin tanam sahang. Sebenarnya ini bagus untuk meningkat ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Selaku pemerintah Kecamatan, Dia berharap, usaha perkebunan sahang yang cukup diminati masyarakat Lingga Timur dapat terus berkembang dan mencapai keberhasilan hingga masa panen kelak, sehingga akan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di kecamatan tersebut.” Kita harapkan sahang ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Lingga Timur,”ujarnya.

Pantauan media di lapangan, saat ini disepanjang pinggir jalan dari Desa Limbung, Desa Sungai Pinang hingga ke desa Kudung, Kecamatan Lingga Timur dipenuhi sejumlah lahan yang sudah dipasangi tiang atau tongkat-tongkat penjalar tanaman sahang. Sedangkan untuk lahan yang baru di tebas dan dibersihkan, tampak pula tumpukan batang kayu yang diperkirakan untuk penyangga batang sahang. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *