Pesona Bawah Laut Benan Miliki Belasan Titik Diving

Diposting pada

Foto: Pesona bawah laut Benan diminati para pencinta Diving dan Snorkling. Istimewa

Lingga, MC – Menikmati panorama bawah laut memiliki sensasi tersendiri, khususnya bagi seorang pecinta olahraga selam. Keindahan terumbu karang dan manjanya ikan-ikan dibawah laut dapat menghilangkan rasa jenuh dan lelah usai menjalani rutinitas. Salah satu tempat yang menawarkan hal tersebut, adalah pulau Benan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. 

Pulau wisata Benan merupakan salah satu destinasi wisata bahari Kabupaten Lingga dengan keindahan bawah lautnya. Sedikitya belasan titik diving yang tak kalah indah dari pesona bawah laut Bunaken, tersaji di pulau kecil tersebut.

Saat ini, pulau Benan dapat dikunjungi para wisatawan dengan cukup mudah, karena fasilitas transportasi regulular dari ibukota provinsi Kepri, kota tanjungpinang aktif setiap harinya. Selain itu, fasilitas yang dimilikinya juga terbilang komplit, baik itu fasilitas menginap hingga perlengkapan diving dan snorkling telah disediakan pengelolanya.

Menurut salah seorang pecinta olahraga selam, Mauran, keindahan terumbu karang pulau Benan telah membuatnya ketagihan. Berbagai jenis terumbu karang di laut Benan dengan beragam warna berhasil memanjakan matanya. Bahkan keramahan biota lautnya membuat para penyelam merasa damai saat berada di bawah laut Pulau Benan.

“Benan luar biasa, terumbu karangnya indah. kalau sudah dibawah lautnya, saya merasa betah,” ungkapnya usai menikmati keindahan bawah laut Benan, Sabtu (13/6). 

Sementara itu, Salim, pengelola objek wisata yang khusus menangani wisata bawah laut Pulau Benan mengatakan, dari sekian banyak wisatawan yang telah menikmati panorama bawah laut Pulau Benan, 90 persennya mengaku puas dan ketagihan dengan keindahan yang dimiliki laut Benan. 

“Jika kita tarik perbandingan dengan pesona bawah laut Bunaken, Benan tidak kalah indahnya, sudah banyak turis mancanegara menikmati keindahan laut kita, mereka mengaku puas,” ungkapnya.

Dilanjutkan Salim, laut Benan terbilang cukup kaya akan jenis terumbu karang, mulai dari jenis soft coral sampai dengan hard coral. Keragaman ikan juga tidak kalah dari wilayah timur Indonesia. 

“Ada belasan titik diving dengan kedalaman mulai 8 meter hingga belasan meter. Kalau untuk snorkling, disekitar pantai juga sudah bisa menikmati. Kedalaman satu meter sudah bisa kita temukan terumbu karang, tapi karangnya masih muda,” ungkapnya.

Sedangkan untuk fasilitas yang tersedia, dijelaskannya, sejak tahun 2012 pemerintah Kabupaten Lingga telah memfasilitasi perlengkapan untuk Diving dan Snokling dan terus dikembangkan. Tahun 2014 lalu, pemerintah menambah lagi fasilitas diving.

Untuk saat ini, pengelola wisata bawah laut Benan sudah memiliki 12 Set perlengkapan Diving dan 20 set perlengkapan snorkling. Sedang untuk harga per paket diving yang hitungannya dari satu tabung udara berkapasitas 200 Bar, dihargai Rp 500 ribu per tabung, sudah termasuk biaya pemandu. Untuk paket harga snorkling, dihargai Rp 50 ribu per jam. 

Harga yang ditawarkan tersebut menurut Salim, terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan paket yang ditawarkan ditempat-tempat lain. “Kalau di tempat lain, sewa perlengkapan diving per tabungnya mencapai Rp 1,5 Juta, untuk snorkling Rp 250 ribu per jam. Kalau harga kita disini hitung-hitung promosi wisata, sejalan dengan usaha pemerintah Kabupaten Lingga menjadikan Benan sebagai destinasi objek wisata bahari,” terangnya.

Dia menambahkan, terkait fasilitas diving dan snorkling yang tersedia di Benan memang sudah komplit, meskipun kelasnya masih tehitung standar, namun semuanya terawat dengan baik. 

“Kelemahan fasilitas kita hanya pada kompresor pengisian tabung udara. Untuk mengisi penuh satu tabung memakan waktu 60 menit. Kalau yang sewa banyak, kita kelabakan. Kita berharap pemerintah bisa memberi kita kompresor yang kapasitasnya lebih besar, seperti yang dipakai tim DKP Lingga baru-baru ini. Mesin yang mereka pakai bisa mengisi penuh satu tabung hanya 20 menit. Saya rasa itu lebih efektif,”tutupnya. (MC Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *