Pantai Nusantara Cukup Diminati Wisatawan Asing

Diposting pada

Foto: Salah satu sudut objek wisata pantai nusantara Dabo Singkep. Net

Lingga, MC – Jika kita menginjakkan kaki di pulau Singkep kabupaten Lingga, tidak sah rasanya jika kita tidak mengunjungi objek wisata pantainya. Salah satu icon wisata pantai di daerah tersebut adalah Pantai Nusantara.

Pantai Nusantara (PN) terletak kurang lebih 2 kilometer dari pusat kota Dabo Singkep. Pantai yang menawarkan keindahan alam, dipadukan dengan penataan ruang yang baik oleh pengelolanya tersebut sangat mudah di akses pengunjung, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai nan elok ini. Belum begitu banyak wisatawan yang tahu bahwa pantai ini memberi kesan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Seperti yang diungkapkan Sapri, salah seorang pengunjung pantai nusantra asal Tanjungpinang, yang sedang menikmati masa liburannya bersama keluarga, sekaligus menyaksikan parade tari Provinsi Kepri di Dabo Singkep, baru-baru ini.

“Disini nyaman. Pemandangannya indah, apalagi pagi hari, sejuk. Saya kebetulan nginap di pondoknya,” ungkap Sapri.

Ayah dua anak tersebut mengaku terkesan dengan kenyamanan yang ditawarkan Pantai Nusantara. Fasilitas memadai meski tidak begitu mewah, mampu menyaingi pantai-pantai resort di kota Batam.

Bagi laki-laki pencinta wisata bahari tersebut, disinilah tempat paling cocok untuk menikmati suasana alam yang harmonis. Pesona keindahan pantai PN terpadu dengan tata ruang yang menarik dan rapi.

Jhon, pengelola pantai PN yang sejak tahun 2000, telah membuka pantai ini untuk tujuan wisata menjelaskan, daerah yang dulunya bernama Pasir Kuning ini, diubah menjadi Pantai nusantara yang oleh dirinya agar lebih terdengar familiar dan universal layaknya Indonesia.

“Dulu daerah ini namanya Pasir Kuning, karena banyak yang pindah dan beranjak ke kota. Jadi saya buka daerah ini dan namanya saya ganti menjadi Pantai Nusantara, biar keliatan  ramai. Karena nama juga berpengaruh untuk keberhasilan” ujar Jhon.

Sejak awal dibukanya PN pada tahun 2000, sampai dimekarnya kabupaten Lingga di tahun 2004, dikatakannya, sangat jarang pengunjung datang berwisata ke pantai tersebut. Masa-masa itu pula fasilitasnya masih sangat minim. Tapi berkat kegigihannya, sedikit demi sedikit PN disulap menjadi Pantai yang menawan dan menarik minat wisatawan mancanegara.

Dia melanjutkan, penginapan berupa vila kecil yang dibuatnya sendiri, cukup sering dipesan oleh turis asing. “Paling sering turis Belgia. Kata turis, pantai kita ini harmonis. Sangat cocok bagi pengunjung yang hobi seni lisan. Kalau Pilot pesawat yang turun di Dabo, itu sudah langganan kita. paling sering nginap di sini” paparnya.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, dijelaskan Jhon, Pantai nusantara menyediakan 3 unit vila, dua unitnya dipantai dan satu unit lagi menjorok sedikit kelaut. Vila tersebut di bandrol dengan tarif hanya Rp 250 ribu per malam. Salain itu, PN juga terdapat kantin, dan beberapa pondok bersantai keluarga.

“villa depan itu favoritnya turis, memang lokasinya sangat mendukung. Karena mereka suka mandi air laut dan habis mandi mereka sering berjemur.” imbuhnya.

Pantauan lapangan, Pantai Nusantara selalu ramai pengunjung saat akhir pekan. Lokasinya cukup dekat dengan pusat keramaian. Jika dibandingkan dengan beberapa objek wisata pantai yang ada di Dabo Singkep saat ini, Pantai Nusantara memiliki fasilitas yang lebih baik.

Pantai Nusantara juga selalu terlihat bersih ditambah dengan hamparan pasir putihnya, memukau dan membuat betah para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan. Jika terasa lelah berkeliling , pengunjung bisa bersantai dengan menikmati berbagai makanan dan minuman yang disedia pengelola pantai. (MC Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *