Bupati Lingga Dampingi Wagub Kunjungi Kampung Baru Suku Laut

Diposting pada

Foto: Wakil Gubernur Kepri, Soeryo Respationo disambut hangat warga kampungbaru Dapur Arang Desa Kelumu Kecamatan Lingga. Ard

Lingga, MC – Usai kunjungan Gubernur Kepri dengan serangkaian agenda kegiatan parade tari provinsi bebeparapa waktu lalu, Bupati Lingga, H Daria, kembali menyambut kunjungan kerja Wakil Gubernur Kepri, Soerya Repationo beserta rombongan, dalam serangkaian kegiatannya termasuk mengunjungi dusun penerima RTLH tahun 2014 lalu, Kampung Baru Dapur arang Desa Kelumu Kabupaten Lingga, Selasa (26/5).

 Kampung Baru yang dulu bernama dusun dapur arang, merupakan dusun yang dibangun dari program takskin tahun 2014 lalu. Dusun tersebut dibangun setelah pemerintah berhasil merelokasi suku laut dapur arang yang sebelumnya tinggal di pesisir laut dengan kondisi tempat tinggal yang tidak layak, kepemukiman baru yang telah di siapkan Pemkab.

Bupati Lingga, H Daria, Mengucap terimakasih banyak kepada pemerintah provinsi, karena telah banyak membantu pembangunan kabupaten Lingga. Pada tuhun 2013, Desa Kelumu mendapatkan bantuan 30 unit taskin, di tahun 2014, dapat lagi 42 unit. Untuk tahun 2015 kali ini, kabupaten Lingga akan dapat lagi 15 unit. totalnya 87 unit.

Sebelunnya, dia menjelaskan, beberapa usaha yang dilakukan Pemkab dalam upaya pengentasan kemiskinan di desa Kelumu sudah dilakukan. Salah satunya, melalui program kementrian, namun tidak memenuhi persyaratan.”Jadi hanya RTLH yang kita dapat,”ungkap Bupati.

Untuk Desa Kelumu sendiri, terangnya lagi, sebanyak Rp 879 juta telah dikucurkan pemerintah untuk membangun RTLH. Biaya tersebut Belum termasuk fasilitas listrik dan air. “Pembangunan fasilitas listrik masih terkendala karena belum ada meteran, tahun ini akan dipasang. Untuk air, akan dibangun bak penampungan air,” ungkap Daria, dalam kunjungannya bersama Wagub ke Lokasi pemukiman.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri, Soeryo Respationo mengatakan, semua usaha pembangunan yang dilakukan di kampung baru Dapur Arang Desa Kelumu tersebut sudah tertata rapi. Namun masih perlu di lakukan optimalisasi. “Lewat dinas terkait, perlu diperhatikan failitas yang belum optimal. Kedepan kita harus mengoptimalkan lagi,” ungkap Soeryo.

Dia berharap, usaha yang dilakukan pemerintah untuk mensejahterakan rakyat tersebut tepat sasaran. “Harapan kita kedepannya lebih dapat sejahtera lagi,” tutupnya.

Pantauan dilapangan, kedatangan Sueryo didampingi kedua bakal calon pasangannya maju ke Kepri satu yaitu, Bupati Karimun Nurdin Basirun dan Bupati Bintan Ansar Ahmad.

Usai sambutannya, Soeryo didampingi bupati Lingga, masang stiker RTLH di salah satu rumah warga, yang kebetulan beberapa waktu lalu mendapat musibah kehilangan anaknya akibat di terkam buaya. Soerya dan Bupati Lingga sempat menyalami dan memberi simpati kepada keluarga korban.(MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *