Dukung Sail Karimata, Kominfo Usulkan Rumah Pintar

Diposting pada

Lingga, MC – Untuk menunjang terpenuhinya fasilitas tiga titik labuh Sail Karimata, Bidang Komunikasi dan informatika (Kominfo) di Dishubkominfo Kabupaten Lingga mengusulkan sedikitnya Rp 9,5 Miliar, guna membangun sarana komunikasi dan informasi dalam bentuk Rumah Pintar. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kominfo, Said Asmarfizan, Rabu (22/4).

“Kita sudah usulkan Rp. 9,5 Miliar untuk mebangun sarana komunikasi dan informasi ditiga titik labuh Sail Karimata yaitu di Benan, Selayar dan Sungai Tenam,” ungkap Efi, sapaan akrabnya.

Efi menjelaskan, angka dari usulan tersebut terbagi menjadi dua bagian. Pertama untuk pembangunan fasilitas mulai gedung hingga perangkat penunjang Komunikasi dan Informasi. kedua, membangun satu unit tower yang berfungsi untuk menunjang akses jaringan komunikasi di tiga titik tersebut.

Dilanjutkannya lagi, untuk pembangunan rumah pintar di setiap titik labuh, pihaknya memperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp. 2 Miliar. “Pembangunan Satu titik labuh akan menelan anggaran Rp 2 Miliar. jadi, untuk tiga titik sebesar Rp 6 Miliar,” jelasnya.

Untuk sisa anggaran Rp 3,5 Miliar lagi, dikatakan Efi, akan digunakan untuk membangun tower. Pembangunan ini bukan tidak beralasan, mengingat tiga titik labuh ini memang sangat minim fasilitas komunikasi dan informasi. 

“Kita belum tau dimana lokasi yang tepat untuk pembangunan tower ini. Namun, lokasinya tentu harus menunjang akses jaringan ketiga titik labuh tersebut. Kalau prediksi kita, lokasi tower ini berada diantara Pulon, Tanjung Kelit dan Sungai Tenam,” paparnya. 

Terkait usulan yang telah dibuat tersebut, dia menerangkan, sudah singkron dengan pihak Provinsi. Menurutnya, tidak ada masalah lagi. “Uslan sudah kita singkronkan dengan provinsi. Saat ini, kita menunggu hasilnya untuk kita lanjutkan ketahap pengkajian,” terangnya.

Dia berharap, pihak Provinsi bisa secepatnya memberi keputusan terkait usulan yang diajukan pihaknya. Hal tersebut mengingat waktunya yang semakin sempit. “Pemerintah menargetkan tahun 2016 kedepan, kita harap pihak Povinsi segera memberi keputusan,” katanya.

Dia menambahkan, semua pembangunan sarana komunikasi di tiga titik labuh, tidak hanya sekedar penunjang kebutuhan Sail Karimata saja. Namun, pembangunan tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat secara terus menerus. Bahkan untuk pembangunan tower, ia menilai, ini merupakan sebuah kesempatan baik, karena kebutuhan tersebut merupakan keinginan masyarakat yang selama ini masih terus diusahakan Pemkab. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *