DKP Lingga Siapkan Bantuan 10 Unit Kapal 5GT

Diposting pada

Foto: Kapal nelayan berukuran 5GT bantuan pemerintah. Net

Lingga, MC – Sedikitnya Rp 4,5 Miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) bantuan pemerintah pusat tahun anggaran 2015, telah dipersiapkan DKP Lingga untuk pengadaan 10 unit kapal nelayan berukuran 5 GT. Sementara ini, pengadaan tersebut sudah masuk ke Unit Layanan pengadaan (ULP) untuk tahap pelelangan.

“Kita siapkan lelang kapal 5 GT sebanyak 10 unit. Dana ini merupakan Bantuan Pusat untuk membantu nelayan Kabupaten Lingga, Dana Alokasi Khusus Rp 4,5 miliar,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lingga, Abang Muzny, Minggu (22/3).

Setelah dilelang nanti, terang Abang Muzny, semua kapal 10 unit tersebut akan diserahkan kepada 10 kelompok nelayan mandiri. Artinya, bantuan ini hanya bagi kelompok yang mandiri serta mampu menggerakkan manajemen kelompok untuk menunjang tangkapan ikan bagi kelompok tersebut.

“10 unit kapal 5GT ini untuk kelompok nelayan yang mapan dalam kelompok,” katanya.

Menurutnya, sejumlah kelompok nelayan di Lingga sudah mulai menunjukkan peningkatan, sehingga mereka semua tidak lagi bergantung pada toke. Jika diperhatikan, sebelum dibentuknya kelompok-kelompok nelayan, harga ikan hanya dikuasai satu toke saja. Hal tersebut terkesan monopoli.

Dia berharap, dengan adanya bantuan kapal nelayan 5 GT sebanyak 10 unit tersebut, para nelayan di Lingga dapat terbantu. Bahkan dengan kapasitas kapal berukuran 5 GT itu, nelayan di pesisir Lingga dapat menangkap ikan di wilayah perairan yang dalam. Mereka tidak lagi sekedar menangkap ikan di sekitar pesisir atau laut dangkal.

“Harapan kita nelayan terbantu  agar lebih jauh lagi daya jelajahnya. Karena selama ini mereka menangkap ikan disekitar pesisir. Kemungkinan ikan di perairan dalam cukup banyak. Otimatis tangkapan mereka lebib meningkat,”imbuhnya.

Bukan hanya itu, selama ini setiap bantuan yang diberikan melalui dinas, dari pemerintah sudah termanfaatkan dengan baik. Karena setiap bulannya masing-masing kelompok yang dibantu selalu menyerahkan laporan ke dinas. “Alhamdulillah sudah termanfaatkan dan cukup bagus serta sudah baik. Nanti untuk penerima 10 unit kapal 5 GT ini juga disurvey terlebih dahulu,”tutupnya.(*/MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *