STQ ke-VI Tingkat Kabupaten Lingga Resmi Dibuka

Diposting pada

Foto: Kemeriahan STQ ke-VI tingkat kabupaten Lingga, di lapangan Sultan Mahmud Riayat Syah Daik Lingga, Selasa (17/3). Ard

Lingga, MC – Bupati membuka pergelaran seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke enam tingkat kabupaten Lingga secara simbolik dengan pemukulan beduk di lapangan sultan mahmud riayat syah, Selasa (17/3) malam. Ikut serta dalam pemukulan beduk tersebut, wakil Bupati Lingga, perwakilan DPRD Kabupaten Lingga, Sekda, Kapolres, Danlanal dan unsur muspika lainnya.

Sekda Kabupaten Lingga Muhammad Aini, yang juga sekaligus ketua pelaksana STQ ke enam tingkat Kabupaten Lingga menyampaikan laporan kegiatan peksanaan.

Aini sampaikan, peserta yang mengikut ajang tersebut mewakili sembilan kecamatan se Kabupaten Lingga. Adapun jumlah peserta keseluruhan berjumlah 208 orang. Jumlah tersebut terdiri dari Kecamatan Singkep 25 peserta, Singkep barat 26 peserta, Singkep pesisir 26 peserta dan Singkep selatan 20 peserta.

Dilanjutkannya, untuk peserta dari Kecamatan Senayang berjumlah 20 peserta, Selayar 24 peserta, Lingga Timur 21 peserta, Lingga Utara 22 peserta dan Lingga selaku tuan rumah pergelaran tersebut menurunkan 24 peserta.  

Tujuan dari pelaksanaan STQ ke enam kali ini, dijelaskan Aini,  guna meningkat kemampuan membaca, memahami dan mengamalkan isi Al-Qur’an, meningkatkan gairah hidup beragama sesuai tuntunan Al-Qur’an serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui isi kandungannya.

STQ ke enam direncanakan berlangsung selama delapan hari, dimulai sejak tanggal 16 Maret dan berakhir pada tanggal 23 Maret kedepan. Sedangkan cabang lomba yang di perlombakan yaitu Tartil, Sarhil, Fahmil, Khaftil, Lomba makalah ilmiah (M2IK) dan cabang tambahan lomb Rebana. 

Menutup Laporan kegiatan tersebut, Aini selaku ketua penyelenggara STQ ke enam tingkat Kabupaten Lingga, memohon maaf jika selama berlangsungnya kegiatan tersebut trdapat kekurangan dan hal-hal yang tidak pada tempatnya. Kepada bupati, ia juga mengucapkan terima kasih karena telah memberikan motifasi dan dukungan, hingga terselenggaranya acara tersebut.

Dipanggung yang sama, Bupati Lingga H Daria, dalam sambutannya berharap semoga kegiatan STQ ini mampu memberi semangat umat islam khususnya masyarakat di kabupaten Lingga dalam bekerja dan beribadah.

Dalam penyampaian sambutan tersebut, Bupati juga berpesan kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Lingga untuk lebih taat dalam beribadah serta bekerja dengan dilandaskan keislaman. Hal ini, dimaksud untuk lebih dekatdengan visi kabupaten Lingga sebagai bunda tanah melayu yang agamis serta menjauhkan balak atau azab dan bencana dari allah di negeri melayu Kabupaten Lingga ini. 

Pantauan dilapangan, pembukaan STQ ke-VI tingkat kabupaten Lingga dihadiri Wabup Lingga sekaligus ketua LPTQ kabupaten Lingga Abu hasim, ketua darmawanita dan Penggerak PKK kabupaten Lingga, perwakilan DPRD Kabupaten Lingga, Danlanal, Kapolres, jajaran FKPD dan SKPD, instansi vertikal, Ketua LAM, Ketua MUI, tokoh masyarakat, Camat, Lurah dan kades serta BPD se Kabupaten Lingga.

Acara tersebut dimeriahkan dengan tarian masal oleh anak-anak sanggar seni Pelangi dan sanggar seni Megat syah Alam. (MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *