Bupati Lingga dihadiahkan Tasbih Turmalin oleh Camat Singkep

Diposting pada

Foto: Camat Singkep memasang gelang tasbih batu termalin ke tangan Bupati Lingga. Ard 

Lingga, MC – Bupati Lingga menerima cenderamata berupa gelang tasbih batu turmalin dari Camat Singkep, saat melepas barisan pawai ta’aruf STQ ke-VI tingkat Kabupaten Lingga di halaman kantor Bupati, Selasa (17/3). Gelang turmalin tersebut merupakan cendramata khas pulau Singkep yang jenisnya terbilang cukup langka di dunia.

Camat Singkep Kisan Jaya menjelaskan, cenderamata yang ia hadiahkan kepada bupati itu adalah hasil karya putra daerah. Mulai dari bahan mentah, kemudian dibentuk dan dijadikan tasbih, semuanya dilakukan oleh pemuda Singkep.

“Saat ini turmalin hanya terdapat di dua wilayah saja, di Brazil dan pulau Singkep. Dengan nilai ekonomis yang saat ini mulai tinggi, secara otomatis telah menciptakan lapangan kerja baru di Singkep. Bahan mentahnya juga masih cukup banyak,” ungkapnya.

Dia berharap, cenderamata batu termalin ini, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) untuk kabupaten Lingga kedepannya kelak. Tentunya, dengan dibuat peraturan oleh daerah. “Jadi kedepannya, keluar masuknya batu tersebut sudah ada aturannya yang telah dibuat daerah,” katanya.

Ditempat berbeda, Bupati Lingga H Daria juga memberikan tanggapan yang sama terkait turmalin tersebut.  Bukan tidak mungkin, Ia katakan, kedepannya akan ada aturan yang dibuat oleh daerah tentang pemanfaatan batu turmalin ini.

“Tidak menutup kemungkinan, kelak akan ada aturan tentang turmalin. Ini merupakan sumberdaya alam milik kita. Tentu kita harus menjaganya dan membatasi  peredaran yang sifatnya menguras sumberdaya alam tersebut,” katanya.

Pantauan dilapangan, pawai ta’aruf dimulai pada pukul 08:00 WIB pagi. Star dimulai dari halaman kantor bupati Lingga, melewati jalan istana robat, kampung putus, kemudian masuk ke jalan Datuk Laksmana, dilanjutkan ke Jalan engku aman kelang sawah indah, menuju ke jalan istana robat dan finish di halaman kantor Bupati.

Usai pawai ta’aruf, Bupati beserta rombongan menuju Lapangan sepak bola Sultan mahmud riayat syah Daik Lingga, tempat digelarnya STQ kabupaten lingga ke enam, guna meresmikan stan bazar STQ dilapangan tersebut. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *