STQ ke-VI Kabupaten Lingga Dibuka Dengan Malam Ta’aruf

Diposting pada

Foto: Bupati bersama Wabup, anggota DPRD Lingga dan Sekda, foto bersama Camat se Kabupaten Lingga. Ard

Lingga, MC – Serangkaian agenda kegiatan STQ ke enam tingkat Kabupaten Lingga di awali dengan malam Ta’aruf. Bupati beserta tamu undangan melakukan temu-ramah dengan para peserta lomba STQ dari sembilan kecamatan se Kabupaten Lingga, di lapangan Sultan Mahmud Riayat syah Daik Lingga, Senin (16/3) malam.

Malam temu-ramah sebagai malam perkenalan para peserta tersebut, turut dihadiri wakil Bupati Lingga yang juga merupakan ketua Lembaga pengembangan tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lingga, Drs Abu Hasim, beberapa perwakilan DPRD Kabupaten Lingga, Sekda Kabupaten Lingga, jajaran FKPD dan SKPD Kabupaten Lingga, Instansi vertikal, Ketua MUI dan Ketua LAM dan Camat se-Kabupaten Lingga beserta para peserta lomba STQ mewakili masing-masing kecamatan.

Bupati Lingga H Daria dalam sambutannya, mengangkat tema “Pergaulan”. Dikatakannya, perkembangan teknologi informasi dewasa ini, telah banyak mengubah cara bergaul manusia. Bahkan dengan teknologi informasi yang semakin canggih tersebut kita dapat dengan mudah menembus pergaulan hingga keluar negeri.

Menurutnya, seiring kemajuan informasi itu, juga membawa dampak perubahan dalam pergaulan manusianya, baik itu dampak positif sampai dampak negatif. Hal ini juga mempengaruhi pola pikir manusia itu sendiri. 

Oleh sebab itu, dilanjutkannya, pergaulan haruslah ada batasnya. Terutama bagi kita umat muslim, dimana batasan tersebut sudah diatur dalam kitab suci Al-Qur’an.

Aturan yang terdapat dalam Al-Qur’an, dilanjutkannya lagi, merupakan cara untuk membatasi pergaulan yang mengarah pada dampak negatif. Diaharapkan, dengan ajang tilawatil Qur’an ini, generasi muda mampu menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam pergaulan. Bahkan menjadikannya sebagai pondasi diri untuk menghadapi derasnya kemajuan teknologi informasi tersebut.

Pantauan dilapangan, acara tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ir H Ahmad Khairi Lubis. Ia merupakan juara pertama cabang Qira’ah Saba’ah diajang MTQ Nasional Batam tahun 2014 lalu, asal kota Medan Sumatera Utara. 

Dilanjutkan, penyerahan dana bantuan sebesar Rp 5 Juta kepada sembilan kecamatan oleh Bupati yang didampingi Wabup, Sekda dan perwakilan DPRD Kabuapten Lingga. Dana tersebut guna membantu pengembangan LPTQ di kecamatan masing-masing. (MC Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *