KPU Lingga Nyatakan Siap Menggelar Pilbup 2015

Diposting pada

Lingga, MC – Secara mental, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Lingga telah siap menyelenggarakan Pemilihan Bupati (Pilbup) 2015, yang dijadwalkan pada bulan Desember mendatang. Hal tersebut diungkapkan ketua KPU Kabupaten Lingga, Agussuriyawan, Rabu (4/3).

Agussyuriawan mengatakan, Sementara ini KPU Lingga masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksana (juklak) anggaran dan pelaksanaan dari KPU Pusat.”Secara mental kita siap menyelenggarakan Pilbup Desember 2015, namun kita masih menunggu peraturan KPU Pusat mengenai juknis dan juklak anggaran serta pelaksanaannya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kesiapan KPU Lingga bukan tidak beralasan, karena hal ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. Bahkan, KPU Lingga juga berkoordinasi dengan Pemprov Kepri serta KPU Provinsi Kepri.

Terkait anggaran pelaksanaan dan tahapan Pilbup 2015 nanti, disampaikan Iwan, biaya tersebut sudah dianggarkan Pemda dan sudah dibahas oleh DPRD Lingga pada APBD 2015. Jumlah anggaran untuk Pilbup tahun 2015 di Lingga sebanyak Rp 10 miliar. “Kita tidak tahu, apakah ada perubahan. Namun itu sudah ditetapkan oleh Pemda,” ujarnya.

Hanya saja, dia melanjutkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi tentang hal tersebut dengan Bappeda Lingga dan bidang pembiayaan di pemerintahan daerah, sebelumnya.

Diperkirakan Iwan, pentahapan pemilu sudah dimulai pada akhir Maret dan awal  Mei 2015. KPU Lingga tinggal mencocokkan data jumlah penduduk yang diserahkan Disdukcapil Lingga ke KPU. 

“Pemilihan Bupati ini menyeluruh, tidak ada pembagian dapil. Namun untuk data pemilih tetap mengacu kepada data dari Disdukcapil Lingga. Pelaksanaannya tetap menunggu juklak dan juknis dari pusat,” terangnya. (*/MC kab Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *