Karnaval Kostum Singkep Menarik Antusias Ribuan Penonton

Diposting pada

Foto: Salan satu kostum yang dipamerkan peserta pada Kostum Karnival Singkep, yang merupakan kostum dari bahan daur ulang plastik. Net

Lingga, MC – Festival kostum Karnaval bertajuk kreativitas pakaian menggunakan bahan daur ulang kotak dan plastik berhasil menarik antusias masyarakat Dabo Singkep. Karnaval yang di gelar Akari Ceck Connon tersebut diikuti 100 talenta mulai dari pelajar tingkat SD, SMP hingga Umum, di Gedung Nasional Dabo Singkep, Minggu (1/3).

Ribuan penonton memadati pelataran halaman Gedung Nasional Dabo Singkep. Mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu rumah tangga berbondong-bondong ingin menyaksikan langsung model-model pakaian hasil kreativitas generasi muda tersebut.

Pakaian yang dipamerkan oleh 100 talenta ini memarkan berbagai motiv hasil karya mereka, mulai dari baju serupa kupu-kupu, bahkan pakaian dengan berbagai motif dan corak yang lebih menonjolkan kreativitas kontemporer.

Ketua pelaksana Akari Chek Conon Karnaval Lingga, Fier Madjid menuturkan karnaval ini digelar sebagai bentuk partisipasi atas kemenangan tim karnaval Lingga pada acara Karnaval Kepri yang digelar di Tanjungpinang tahun 2014 lalu.

“Konsep yang diusung adalah konsep daur ulang dari bahan plastik dan karton maupun Hasilnya seperti yang dipamerkan ini,” ujarnya Minggu (1/3).

Dijelaskan Fier, karnaval ini murni untuk menunjukkan kreativitas peserta yang rata-rata adalah anak SD, SMP, maupun SMA dan umum, agar tahu bahan plastik maupun karton dan kardus yang tidak dipakai bisa dimanfaatkan lagi.

Dikatakannya, tujuan karnaval ini juga untuk menarik minat wisatawan dari luar Lingga. Melalui pameran ini dapat diketahui kreativitas anak muda. Karena, semua bahan yang digunakan adalah bahan daur ulang dari plastik dan karton.

“Ini cukup membuktikan bahwa kreativitas peserta sangat menonjol, apalagi generasi muda, yang sedang remaja. Dari pada mereka kebut-kebutan di jalan raya,”ujarnya.

Dikatakan Fier juga, nanti di bulan Agustus 2015, Lingga dalam hal ini akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau untuk mengikuti lomba karnaval Se-Indonesia di Jember.

Bahkan kostum karnaval Lingga yang menang pada limba karnaval Kepri akan dipakai oleh Putri Indonesia pada karnaval se-Indonesia tersebut, jelasnya.

“Selain itu kita juga akan mempersiapkan untuk event Karnaval Se-Indonesia tersebut,”ujarnya.

Dengan banyaknya talenta yang ikut pada karnaval Fashion Lingga tersebut, Fier berharap hal ini dapat menarik minat wisatawan datang berkunjung di Lingga.

Disebutkan Fier, kostum yang meraih juara pada Karnaval Kepri tahun 2014 lalu yakni kostum Sirih Sultan, Pusaka Punai, Buah Tangan Lingge, Jurai Putri, Bangsal Cina, Pusaka Manto, Paku Gajah dan Tampok Manggis, terangnya.(*/MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *