DPPKAD Lingga Sosialisasikan Standar Akutansi Keuangan Berbasis Akrual

Diposting pada

Foto: Sekda Kabupaten Lingga, Muhammad Aini membuka sosialisasi SAP berbasis Akrual yang diselenggarakan DP2KAD di aula Kantor Bupati Lingga, Selasa (24/2). Ard

Lingga, MC – Sejalan dengan perubahan standar akutansi pemerintah (SAP) menjadi berbasis akrual (akrual basic) yang direncanakan penerapannya pada tahun anggaran 2015 ini, maka DPPKAD kabupaten Lingga bersama BPKP perwakilan Provinsi Kepri menggelar sosialisasi kebijakan akutansi akrual dan singkronisasi SIMDA-Keuangan BPKP, di aula kantor Bupati Lingga, selasa (24/2).

Untuk diketahui, sebelumnya sistem yang dianut pemerintah berdasarkan PP no 24 Tahun 2005 adalah SAP berbasis kas menuju akrual. Setelah adanya kebijakan baru maka sistem SAP tersebut berubah menjadi berbasis akrual. Perubahan tersebut sesuai pedoman PP No 71 Tahun 2010 tentang SAP berbasis Akrual.

Secara perbedaannya, SAP yang digunakan pemerintah sebelumnya adalah berbasis kas untuk pengakuan pendapatan, belanja, transfer dan pembiayaan dalam laporan realisasi anggaran dan basis akrual untuk pengakuan aset, kewajiban dan equitas dana dalam neraca.

Sedangkan SAP yang akan dipakai pada tahun anggaran 2015 ini adalah berbasis akrual, dimana basis akutansi yang mengaku pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat transaksi dan peristiwa itu terjadi, tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau dibayar.

Untuk mendukung jalannya SAP berbasis akrual tersebut, BPKP telah menyediakan aplikasi SIMDA-Keu BPKP, yang akan digunakan pejabat penatausahaan keuangan (PPK) tiap SKPD sebagai pengguna anggaran, di tahun anggaran 2015 ini.

Sekda Kabupaten lingga, Muhammad Aini mewakili bupati Lingga, membuka kegiatan sosialisasi tersebut. Kegitan sosialisasi ini dihadiri seluruh Kepala Dinas, Badan, Kantor beserta PPK-SKPD, dan Camat se Kabupaten Lingga.

Dalam sambutannya, Aini menjelaskan, perubahan SAP pada sistem akutansi pemerintahan diyakini lebih dapat dipercaya, lebih akurat serta akan lebih memaksimalkan pelayanan jika dibandingkan sistem sebelumnya.

Dia berharap, sosialisasi ini dapat memberikan kemampuan dan pemahaman kepada peserta tentang SAP yang akan segera diterapkan tahun ini. Bahkan dengan Sistem akutansi berbasis akrual tersebut, ia harapkan dapat menyajikan pencatatan keuangan pemerintah daerah yang lebih baik kedepannya. (MC kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *