Camat Lingga Buka STQ Kecamatan Lingga Tahun 2015

Diposting pada

Foto: Camat Lingga, Agus Karyadi menyampaikan kata sambutan di panggung astaka STQ ke-VI tingkat Kecamatan Lingga tahun 2015, Sabtu (14/2). Ard

Lingga, MC – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-VI tingakat kecamatan Lingga dibuka secara simbolik oleh Camat Lingga Agus Karyadi, dengan memukul beduk bersama Ketua DPRD Lingga, Sekda Kabupaten Lingga dan Kapolsek Lingga, di lapangan Hang Tuah Daik Lingga, Sabtu (14/2) malam.

STQ tingkat kecamatan tersebut turut juga dihadiri Perwakilan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lingga, Ketua MUI, Danramil Lingga, Kepala Desa se Kecamatan Lingga, pemuka agama, dan tokoh masyarakat se Kecamatan Lingga.

Kegiatan yang bertema “Dengan STQ ke-VI tingkat Kecamatan Lingga, mari kita ciptakan generasi muda yg agamis dan berketuhanan” tersebut, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Hazni Hamka, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh ketua panitia pelaksana STQ dari bidang keagamaan Kecamatan lingga, Aguswandi.

Dalam laporan tersebut, Aguswandi menyampaikan, tujuan digelarnya kegiatan STQ diantaranya, melaksanakan tuntunan rasulullah tentang mensiarkan Islam serta menjalin dan memperkuat silaturahmi antar sesama muslim.

Dia melanjutkan, kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 6 hari kedepan terhitung sejak tanggal dibukanya STQ (14/2) hingga penutupan STQ (20/2).

Dilanjutkannya lagi, sebanyak lima cabang akan di perlombakan pada ajang tersebut. Mulai dari cabang Sartil putra-putri tingkat anak, remaja dan dewasa, cabang Fahmil, cabang Sarhil, cabang Tahtil dan Rebana.

Adapun peserta yang terdaftar dari 11 desa dan kelurahan se kecamatan Lingga pada ajang STQ kecamatan kali ini, sebanyak 133 peserta ditambah tim rebana menjadi 143 peserta. Kelurahan Daik dikuti sebanyak 16 peserta,  desa Merawang dengan 8 peserta, desa Kelombok membawa 4 peserta dan desa Panggak darat sebanyak 12 peserta.

Selanjutnya, desa Panggak laut dengan 11 peserta, desa Nerekeh dengan 3 peserta, desa Musai dengan 7 peserta, desa Mepar sebanyak 10 peserta, desa Kelumu 4 peserta, desa Mentuda dengan 5 peserta, dan desa paling jauh yaitu desa Pekajang membawa 8 orang peserta.

Usai laporan panitia pelaksana STQ, camat Lingga melantik dewan hakim STQ yang kemudian dilanjutkannya dengan kata sambutan.

Dalam sambutannya, Camat Lingga Agus Karyadi, menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada masyarakat dan seluruh tamu undangan yang telah hadir memeriahkan pembukaan STQ kecamatan lingga ke enam tersebut.

Menurutnya, Kehadiran STQ di Lingga selain menjadi media dakwah, juga secara nyata menjadi pendorong percepatan pembangunan daerah. Selain itu, kegiatan STQ dapat menjadi forum silaturahmi, untuk memperkuat kebersamaan.

Dia juga mengatakan, Al-Qur’an merupakan sumber ilmu dan isnpirasi yang takkan pernah habis digali. Oleh karena itu, forum kajian Al-Qur’an perlu digiatkan di tengah masyarakat dan perlu di tumbuh-kembangkan. Salah satu wujud forum tersebut ialah melalui musabaqah.

Pada akhir sambutannya, dia menyampaikan pengahargaan dan rasa terimakasihnya kepada masyarakat dan pemkab, atas terlaksana STQ di kecamatan yang ia pimpin. “Insyaallah bsk pukul 08.00 WIB pagi, kita mulai awal perlombaan hingga tangal 20 kedepan. Selamat bermusabaqah kepada peserta dari 11 desa dan kelurahan se kecamatan Lingga,” tutupnya.

Diacara yang sama, Sekda Kabuapten Lingga Muhammad Aini, yang hadir mewakili Bupati Lingga, turut memuji kinerja seluruh panitia kecamatan yang telah berhasil membuka STQ dengan megah serta menyajikan astaka musabaqah yang begitu indah. 

“Kita berikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah tungkus-lumus menyajikan astaka STQ semegah ini. Astaka ini seperti semegah panggung STQ tingkat Kabupaten,” ungkapnya. (MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *