Gelombang Utara Capai 3 Meter, Nelayan Dihimbau Waspada

Diposting pada

Foto: Gelombang laut pada musim utara mencapai 3 meter di perairan kabupaten Lingga. Net

Lingga, MC – Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Dabo Singkep, Kabupaten Lingga menghimbau kepada masyarakat khususnya nelayan dan pengguna transportasi laut untuk mewaspadai kondisi laut musim utara. Berdasarkan prakiraan BMKG, ketinggian maksimal gelombang laut saat ini mencapai tiga meter.

Kepala Stasiun BMKG Dabo Singkep, Octo Mario menjelaskan, kecepatan angin utara di beberapa titik perairan Kabupaten lingga diantaranya Kecamatan Senayang, Singkep barat dan Singkep tercatat 40 centimeter per detik. Kecapatan tersebut memicu gelombang tinggi hingga ketinggian tiga meter. “Kecepatan angin mencapai 40 cm/detik dibeberapa perarian Lingga. Tinggi gelombang mencapai 3 Meter,” ungkapnya kepada media, Kamis (12/2).

Untuk beberapa titik tersebut, BMKG Dabo Singkep mengeluarkan peringatan Waspada dan diminta kepada pengguna transportasi laut serta nelayan untuk berhati-hati.

Sedangkan di titik perarian Lingga lainnya, seperti kecamatan Lingga Utara, dilanjutkan Octo, arah anginnya barat laut. Kecepatan angin 25 cm/detik. “Sedikit berbeda degan wilayah lingga pada umumnya, angin di Lingga utara adalah Barat laut. Kondisi cuaca ini masih tergolong kondusif,” ungkapnya.

Pada umumnya arah angin di kabupaten Lingga saat ini, dia manerangkan, adalah angin utara dengan kecepatan 5 sampai 30 kilometer per jam. Kecepatan angin ini tergolong tiupan angin kencang dibanding dengan kondisi cuaca sebelumnya. (MC kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *