Progres Pembangunan Telkom Di Lingga Berjalan Baik

Diposting pada

Foto: Petugas Telkom sedang melakukan pemeriksaan perangkat jaringan sebelum serah terima. Ard (MC Kab Lingga)

Lingga, MC – Tahap demi tahap pembangunan fasilitas jaringan telekomunikasi di ibukota Kabupaten Lingga oleh PT Telkom Indonesia telah menunjukkan progres yang baik. Kepala Kantor Telkom Cabang Dabo Singkep Anna Kusmi, bersama beberapa teknisi kembali melakukan pemeriksaan perangkat yang dibangun pihak pekerja dari koperasi Telkom, sebelum di serah terima kepada pihaknya, Kamis (29/1). 

Sebelumnya, Anna menjelaskan, Pihak Koperasi PT Telkom Indonesia telah melakukan penanaman kabel fiber optik dan instalasi perangkat jaringan telkomunikasi di ibukota kabupaten sejak akhir Desember 2014 lalu.

“Hari ini (29/1), kami cek kembali seluruh perangkat yang dipasang oleh pihak pekerja dari Koperasi Telkom, sebelum dilakukan serah terima kepada kami,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk jaringan telkom di Ibukota Kabupaten Lingga masih berada dibawah naungan PT Telkom Cabang Dabo Singkep. Kode area yang akan dipakai di Daik kelak, juga sama seperti kode area Dabo Singkep yaitu (0776). “Daik masih akan menggunakan kode area (0776) sama dengan yang di pakai Dabo Singkep,” katanya.

Kapan aktifnya jaringan Telkom tersebut, dia menjelaskan, dalam waktu dekat akan segera diaktifkan. Sementara ini hanya ada 6 unit E-Wan yan tersedia dengan kapasitas bandwith 12 mb. Pihaknya masih menunggu tambahan perangkat modem dari pusat untuk memenuhi kebutuhan bandwith 40 mb. 

“Secepatnya akan kita aktifkan. Sementara ini, kapasitas yang tersedia hanya 12 mb, sedangkan yang kita butuhkan 40 mb. Jadi baru ada 6 E-Wan. Kita harus menunggu tambahan perangkat Modemnya dari Jakarta,” jelasnya.

Dia melanjutkan, sementara waktu pihaknya akan melakukan uji coba jaringan ke beberapa kantor saja. Ini untuk menguji kemampuan perangkat yang terpasang.

Dilanjutkannya lagi, untuk bisa dipergunakan oleh masyarakat, PT Telkom rencananya akan melakukan pengembangan tahap II pada bulan Mei mendatang. Pihak telkom juga akan menyediakan pos untuk pemasarannya. “Ini masih dalam tahap I, terbatas untuk kantor pemerintahan dan beberapa instansi saja, kedepan kita rencanakan pengembangan ke tahap II, untuk masyarakat ibukota Kabupaten. 

Kita rencanakan tahap II pada bulan Mei. Tentang dibangunnya kantor telkom di sini, belum bisa dipastikan, tapi kita bangun pos untuk pemasarannya.” paparnya.

Tidak menutup kemungkinan, lanjutnya lagi, jika kantor Telkom berpusat di Daik Lingga, karena memang merupakan ibukota kabupaten Lingga. Selain itu, Bupati juga telah menawarkan bangunan kantor untuk ditempati telkom, tepatnya didalam area perkantoran Pemkab Lingga. “tidak menutup kemungkinan, kantor pusatnya di sini, karena Daik merupakan ibukota. Bahkan Bupati sendiri pernah menawarkan lokasi disekitar perkantoran untuk ditempati PT Telkom,” tutupnya. (MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *