30 Nelayan Suku Laut Terima Bantuan Alat Tangkap

Diposting pada

Pemukiman suku laut. Foto-Net

Lingga, MC – Sebanyak 30 Nelayan Dusun Dapur Arang Desa Kelumu Kecamatan Lingga menerima bantuan alat tangkap dan fasilitas penunjang ekonomi lainnya dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga, beberapa waktu lalu.

Pelaksana tugas Kasi pengembangan sarana dan prasarana di DKP Lingga, Ramlan mengatakan, sebanyak 30 unit sampan, 12 lampu petromak, 11 gulung kawat bubu, 82 buah bubu ketam, 23 pcs jaring tagak serta 3 unit pancing telah diserahkan oleh DKP secara langsung kepada nelayan tersebut.

“Berdasarkan hasil survey kebutuhan nelayan di dusun Dapur Arang, Kita berikan mereka 30 sampan, 12 lampu, 11 gulung kawat bubu, dan beberapa item penunjang kebutuhan melaut mereka,” kata Ramlan, yang ditemui di kantornya, Selasa (20/1).

Selain itu, dia melanjutkan, DKP juga memberikan bantuan dana sebesar Rp 91.000.000,- rupiah, yang dibagi merata kepada 30 nelayan guna pengembangan sarana dari bantuan alat tangkap tersebut. “Dana 91 juta rupiah kita bagi secara merata ke 30 neyan guna pengembangan sarana yag telah kita bantu. Seperti modal untuk merakit kawat bubu menjadi bubu dan sebagainya,” ungkapnya.

Ramlan memaparkan, dari total 35 kepala keluarga yang mendapat bantuan program pengentasan kemiskinan (Taskin) tahun anggaran 2014 tersebut, hanya 30 nelayan yang dinyatakan patut menerima bantuan alat tangkap. Sedangkan sisanya, diverifikasi bukan bemata pencaharian sebagai nelayan.

“Sebelumnya mereka telah kita verifikasi, dan yang bermata pencaharian nelayan hanya 30 saja. Sedangkan yang lain bukan murni nelayan. Jika kita paksakan mereka dapat bantuan, maka cendrung tidak efektif. Akhirnya pengadaan tersebut jadi tidak tepat sasaran,”ungkapnya.

Namun, diungkapnya lagi, pihak DKP tetap memberi mereka solusi dengan membuat proposal pada pengadaan di tahun 2015 ini.” Kita berikan solusi untuk mengirimkan proposal bantuan pengadaan alat tangkap pada anggaran tahun ini. Jika selama dilakukan verifikasi, mereka serius menjadi nelayan, pastinya mereka akan lulus dari verifikasi dan pasti kita bantu pengadaan alat tangkapnyan,” ungkapnya. (MC Kab Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *