Pemprov Kepri Diharap Kaji Potensi Migas di Berhala

Diposting pada

BERSALAMAN: Gubernur Kepri HM Sani menyalami warga saat menginjakkan kaki di Pulau Berhala pada 17 November lalu. Foto-Tir

Lingga, MC – Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kepri, diminta untuk menganggarkan  dana untuk pengkajian Minyak dan Gas (Migas) Bumi di laut sekitar Pulau Berhala. Pengkajian harus dilakukan untuk memastikan kebenaran informasi mengenai sumber minyak di sekitar pulau tersebut.

“Selama ini, kami sudah sering mendengar bahwa laut Berhala kaya akan potensi Migas. Perlu dilakukan pengkajian untuk memastikannya,” kata Ketua Komisi II DPRD Lingga Khairil Anwar kepada media, kemarin.

Sebenarnya, DPRD Lingga telah mengusulkan agar anggaran untuk pengkajian potensi Migas ini disediakan. Namun, hal itu tidak dapat direalisasikan karena ada perjanjian tertulis antara Pemprov Kepri dan Pemkab Lingga di Pulau Berhala.

Pemkab Lingga diberikan tugas mengkaji dan membangun potensi pariwisata. Sedangkan Pemprov Kepri ditugaskan mencari potensi Migas di sekitar pulau Berhala.

“Untuk itu, Pemprov harus proaktif melakukan kajian potensi Migas di laut Berhala,” ujarnya.

Politisi Demokrat ini menuturkan, disahkannya Pulau Berhala menjadi bagian dari Kabupaten Lingga, Kepri, harus dimanfaatkan. Selama ini, pulau Berhala hanya identik dengan menjaga marwah daerah.

“Sangat disayangkan kalau potensi yang dimiliki tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Bisa dibayangkan, jika memang potensi Migas benar-benar ada,” jelasnya. (tir/MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *