Pelabuhan Sei Tenam Ditutup untuk Sementara

Diposting pada

Renovasi pelabuhan Sei Tenam oleh PT. Harap Panjang yang dimulai beberapa waktu lalu. Foto-Tir

Lingga, MC – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lingga, menutup sementara Pelabuhan Sei Tenam. Saat ini, fasilitas penunjang pelabuhan tersebut akan diperbaiki dan diperbarui. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dishubkominfo Lingga Mawardi, kepada media beberapa waktu lalu.

“Setelah direnovasi, Pelabuhan Sei Tenam akan dioperasikan pada tahun ini juga. Fasilitas pelabuhan yang akan direnovasi itu antara lain, rambu-rambu pelabuhan, jalan, kantin, menara penampung air adalah beberapa fasilitas yang digesa,” jelasnya.

Pembangunan berbagai fasilitas pendukung di Pelabuhan Sungai Tenam akan dilakukan Pemkab Lingga, melalui APBD tahun 2015. Sedangkan Pemprov Kepri akan membangun fasilitas parkir kendaraan di lahan yang sudah disiapkan.

“Untuk operator pelayaran yang akan melayani jalur Sei Tenam-Sijantung Kota Batam sudah dikoordinasikan. Operator pelayaran bersedia menyiapkan armadanya,” sebut Mawardi.

Untuk mendukung kelancaran transportasi, pemerintah pusat akan menyiapkan kapal feri berkapasitas 150 tempat duduk untuk melayani rute Pelabuhan Sei Tenam- Pelabuhan Si Jantung pada tahun ini. Kapal itu terbuat dari aluminium, berkuatan 1.800 tenaga kuda, dan memiliki kecepatan 29 knot per jam yang akan singgah di pulau wisata Benan.

“Kami berharap, rencana pengoperasian pelabuhan ini sesuai dengan rencana awal,” harapnya. (tir/MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *