Pengoperasian Pelabuhan Sungai Tenam Setelah Dibangunnya Fasilitas Pendukung

Diposting pada

Lingga, MC – Pelabuhan sungai tenam akan segera beroprasi di tahun 2015, setelah fasilitas penunjang pelabuhan tersebut dibangun. Seperti yang diungkapkan Mawardi SE, Kabid Laut dan Udara Dishubkominfo Kabupaten Lingga, saat memantau tim pekerja pembangunan kembali bangunan pelabuhan yang rubuh dua tahun lalu oleh pihak PT Harap Panang, Minggu (21/12).

“Pemerintah segera mengoperasikan pelabuhan ini setelah dibangunnya fasilitas pendukung di tahun 2015 nanti. Fasilitas yang akan dibangun itu, seperti tower air, kantin, jalan menuju kantor pelayanan Dishub dan rambu-rambu pelabuhan,” ungkapnya.

Dengan anggaran daerah di tahun 2015, dia mengatakan, pemkab akan segera bangun fasilitas penunjang di pelabuhan tersebut. Sedangkan untuk fasilitas parkir yang lahannya sudah disediakan oleh Pemkab lingga, akan di bangun segera oleh pihak Provinsi di tahun 2015 mendatang.

Dia tambahkan, Dishubkominfo telah melakukan koordinasi dengan pihak Armada Pelayaran yang akan melayani jalur pelayaran pelabuhan Sungai Tenam tersebut. “Kita telah melakukan koordinasi dengan pihak armada kapal untuk membuka jalur pelayaran di Sungai Tenam tahun depan,” ungkapnya.

Selain itu, dari informasi yang ia dapatkan, rencananya pelabuhan sungai tenam juga akan difasilitasi dengan kapal ferry milik pemerintah dari bahan aluminium, yang dilengkapi dua mesin bertenaga 1800 Horsepower, memiliki kecepatan tempuh 29 knot/jam, dengan kapasitas 150  tempat duduk di tahun 2015 mendatang. Kapal tersebut akan melayani jalur pelayaran domestik dari Pelabuhan Sungai Tenam menuju Pelabuhan Sijantung Batam, transit di Desa Wisata Benan.

Dia berharap pelabuhan tersebut dapat segera beroperasi sesuai rencana pemkab Lingga di tahun 2015 mendatang. “Kita berharap rencana pengoperasian pelabuhan ini sesuai dengan rencana awal,”ungkapnya.

Terkait dimulainya aktifitas dari pihak pekerja pembangunan kembali pelabuhan Sungai Tenam yang rubuh dua tahun lalu oleh kapal tongkang milik PT Harap Panjang di lokasi tersebut, Mawardi berharap, PT Harap Panjang bisa segera menyelesaikannya sebelum pemerintah mengoperasikan pelabuhan Sungai tenam di tahun 2015 mendatang.

“Kita berharap pengerjaan pembangunan pelabuhan oleh PT Harap Panjang bisa cepat selesai sebelum pemerintah mengoperasikan pelabuhan ini. Meskipun hal ini tidak berpengaruh terhadap rencana pengoperasian Pelabuhan di tahun 2015 kelak,” Ungkapnya. (MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *