Keprofesionalan Guru Dinilai Dari Karya Tulisnya

Diposting pada

Lingga, MC – Dalam rangka hari Ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke – 69. PGRI  Kabupaten Lingga mengelar acara seminar Publikasi Karya Ilmiah, di gedung aula SMAN 1 Daik Lingga dan Di gedung Lela Sangguna, Selasa (25/11), yang dihadiri oleh 122 guru dari tiga Kecamatan di Kabupaten Lingga.

Ketua pelaksana Linggawati, menuturkan pelaksanaan seminar publikasi ilmiah diikuti oleh guru dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Lingga, Kecamatan Lingga Utara dan Kecamatan Lingga Timur.

Seiring dengan bertambahnya usia PGRI, maka setiap guru dituntut untuk lebih profesional, dalam melaksanakan tugas mereka untuk mencerdaskan anak bangsa.

Seminar publikasi ilmiah yang dilaksanakan oleh PGRI Kabupaten Lingga untuk memberikan motivasi kepada guru untuk membudayakan menulis karya ilmiah.” Karena saat ini untuk kenaikan pangkat guru harus memiliki karya ilimiah. Tujuan utamanya bukan hanya kenaikan pangkat guru tetapi lebih ke profesional seorang tenaga pendidik,” kata Linggawati.

Dia juga mengatakan, bahwa seminar yang dilaksanakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan, tentang penulisan karya ilmiah kepada guru-guru di Lingga.

Selanjutnya para peserta di sarankan agar terus membudayakan publikasi karya ilmiah, terlebih  dikalangan guru sendiri, seminar tersebut juga untuk mempersiapkan guru menghadapai  peraturan pemerintah, tentang fungsional angka kredit jabatan guru kususnya di dalam pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

Adapun nara sumber yang memberikan materi pada seminar publikasi karya ilmiah adalah Ardiansyah S.Pd SD, Junaidi, S.Pd, dan Hazaifu, S.Pd.

Linggawati berharap, dengan diadakannya seminar Publikasi karya ilmiah tersebut, guru-guru yang sudah mengikutinya. Memahami terlebih membuat karya Ilmiah.” Ini harapan kita, sebagai bukti bahwa seorang guru saat ini tidak hanya bisa mengajar tetapi mampu memberikan masukan dan saran melalui karya ilmiahnya,” katanya.

 

Selain itu Linggawati juga mengatakan, bahwa dengan bisanya seorang guru membuat sebuah karya ilmiah maka guru yang bersangkutan, akan siap menghadapi perkembangan pendidikan.” Jadi apabila seorang guru sering membuat karya ilmiah, sudah barang tentu guru tersebut memiliki wawasan luas, oleh sebab itu setiap perkembangan didunia pendidikan, maka guru yang bersangkutan siap menghadapinya,” kata Linggawati.(Ian/MC Kab. Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *