Kecamatan Lingga Pertahankan Gelar Juara Umum RSBM

Diposting pada

Lingga, MC – Setelah perhelatan RSBM Kabupaten Lingga berlangsung selama tiga hari sejak 21 November kemarin, Sekda Kabupaten Lingga Muhammad Aini, secara resmi menutup kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Lingga, Minggu (23/11) malam. Kecamatan Lingga selaku tuan rumah perhelatan Rampai Seni Budaya Melayu (RSBM) Kabupaten Lingga tahun 2014 tersebut, berhasil mempertahankan Gelar Juara Umum. 

Perhelatan RSBM kali ini terbilang sukses. Empat cabang lomba seni dan budaya melayu seperti lomba tari tradisi melayu, lomba tari kreasi, lomba menyanyikan lagu melayu sampai lomba hantaran perkawinan tradisi melayu, telah sukses digelar.

Lomba bernyanyi lagu melayu putra dan putri yang diikuti perwakilan tiap-tiap kecamatan, berlangsung sukses pada hari pertama digelarnya RSBM. Untuk lomba lagu melayu putra dimenangkan oleh perwakilan dari kecamatan Lingga. Begitu juga lomba lagu melayu putri yang turut dimenangkan oleh kecamatan Lingga.

Untuk lomba tari yang berlangsung di hari kedua (22/11), didominasi oleh sanggar seni Kecamatan Lingga. Pada cabang tari tradisi, Sanggar Seni Megat syah Alam berhasil menjadi yang terbaik. Sedangkan untuk tari kreasi, Sanggar Seni Pelangi yang juga mewakili Kecamatan Lingga berhasil menyabet juara pertama, dikuti sanggar Sang Setia dari kecamatan Senayang di peringkat dua, sanggar seni Setia Combus mewakili Kecamatan lingga Utara berada di peringkat tiga dan sanggar seni Intan Payung perwakilan dari Kecamatan Singkep berada di peringkat harapan satu.

Pada lomba hantaran perkawinan tradisi melayu yang berlangsung di hari ke tiga pelaksanaan RSBM (23/11) siang, juara pertama diraih Kecamatan Lingga, disusul Kecamatan Singkep barat di peringkat dua, kecamatan selayar di peringkat tiga dan kecamatan singkep di peringkat harapan satu.

Untuk juara umum perhelatan RSBM Kabupaten Lingga tahun 2014 jatuh ketangan Kecamatan Lingga, dimana kecamatan Lingga adalah tuan rumah perhelatan seni budaya tersebut dan sekaligus pemegang gelar juara umum ditahun sebelumnya.

Acara penutupan perhelatan tersebut, turut dihadiri tamu undangan diantaranya perwakilan DPRD Provins Kepri Hanafi Ekra, Ketua DPRD beserta anggota DPRD Kabupaten Lingga, kepala SKPD jajaran pemerintahan Kabupaten lingga, Camat dan Lurah beserta Kades se Kabupaten Lingga, ketua LAM, ketua MUI, ketua penggerak PKK, ketua Darmawanita dan tamu undangan lainnya.

M Asward, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lingga, dalam laporan kegiatannya menyampaikan, ucapan terimakasih atas kerja keras seluruh panitia penyelenggara dan kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya dengan sukses perhelatan tahunan Kabupaten Lingga tersebut. “tanpa dukungan dari semua piak, kami tidak mungkin bisa melakukannya dengan baik,” ungkapnya.

Dia mengatakan, keberhasilan kali ini akan menjadi acuan untuk penyelenggaraan yang lebih baik ditahun berikutnya. 

Terkait kekurangan, mulai dari pelayanan, penyambutan, penampilan dan lain sebagainya, selaku panitia, Asward meminta maaf. Tahun depan dia berharap dapat meningkatkannya agar bisa lebih baik lagi.

Dia juga mengumumkan, bahwa Kabupaten lingga telah ditunjuk panitia provinsi sebagai tuan rumah pergelaran tari tradisi Provinsi yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Mei 2015 mendatang.

Untuk itu, Asward mengatkan, Pemenang dari ajang RSBM tahun 2014 tersebut yang akan mewakili Kabupaten Lingga, besaing dengan grup tari dari tujuh kabupaten-Kota diajang Tari Provinsi tersebut.

Selanjutnya, Sekda Kabupaten Lingga Muhammad Aini, yang mewakili Bupati Lingga menutup kegiatan tersebut, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam terseleggaraya dengan sukses perhelatan RSBM tahun 2014 khususnya para pelaku seni. “hasil ini tidak berhenti sampai disini saja, namun dapat diteruskan ketingkat selanjutnya,” Katanya.

Dia berharap , kepada pelaku seni untuk terus berjuang dan terus berkreasi dibidang seni dan budaya, karena menurutnya, Seni budaya merupakan identitas daerah. 

Bagi para peserta yang telah mengikuti lomba tersebut, Aini berharap, Keputusan juri hendaknya diterima dengan iklas, jadikan pencapaian kali ini sebagai moment introspeksi dan semangat untuk meraih hasil yang lebih baik lagi ditahun mendatang. (MC kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *