Bupati Pimpin Upacara HUT Kabupaten Lingga ke-11

Diposting pada

Lingga, MC – Memperingati hari jadi Kabupaten Lingga ke-11, Pemerintah Kabupaten Lingga laksanakan Apel di Lapangan Sultan Mahmud Riyayat Syah Daik Lingga, Senin (24/11) pagi.

Apel yang dipimpin Bupati Lingga tersebut, turut dihadiri para tamu undang seperti Bupati Kabupaten Anambas, perwakilan DPRD Provinsi Kepri, Ketua DPRD beserta anggota DPRD Kabupaten Lingga, jajaran FKPD dan SKPD pemerintahan kabutan Lingga, jajaran instansi vertikal, Camat, Lurah dan Kades se Kabupaten Lingga, tokoh masyarakat, pemuka agama dan sebagainya.

Bupati Lingga H Daria, dalam pidatonya pada upacara tersebut menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lingga yang telah ambil bagian, mulai dari pembentukan Kabupaten Lingga hingga sekarang.

“Saya mengapresiasi kepada seluruhnya yang telah turut ambil bagian sejak pembentukan Kabupaten Lingga hingga sekarang. Semoga apa yg kita lakukan kedepan semakin baik,” kata orang nomor satu kabupaten Lingga tersebut.

Daria mengharapkan kepada seluruh jajaran instansi pemerintahan yang ia pimpin, untuk Senantiasa konsisten guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negeri bunda tanah melayu tersebut.

Dari pencapaian hasil selama periode kepemimpinannya, dia katakan, pembangunan diberbagai sisi terus mengalami peningkatan. Seperti pembangunan disisi ekonomi terus mengalami peningkatan sebanyak 6,6 persen, yang terhitung sejak sepuluh tahun terakhir. Ini artinya pembangunan ekonomi Kabupaten Lingga tampak lebih baik dari Provinsi Kepri.

Begitu juga perkembangan pembangunan Kabupaten Lingga dari sisi infrastruktur, Dia mengatakan, pembangunan infrastruktur seperti Jembatan sebanyak 173 unit, pembangunan pelabuhan 75 buah, 47 Tower selular, pembangunan fasilitas air bersih hingga pembangunan pusat pemerintahan. Pemerataan pembangunan tersebut akan terus berlanjut.

Dilanjutkan, Pendapatan Domestik Regional Bruto Daerah (PDRB) Kabupaten Lingga selama ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. “PDRB Kabupaten Lingga meningkat 90,6 Miliar setiap tahunnya,” katanya.

Sedangkan untuk Index pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lingga, Dia mengungkapkan, saat ini berada di angka 72,41 persen, angka tersebut terus meningkat dari tahun sebelumnya. IPM merupakan salah satu indikator penilaian keberhasilan pembangunan di sebuah daerah.

Daria juga mengatakan, untuk program pengentasan kemiskinan, Pemkab terus melakukan upaya-upaya dalam menekan angka kemiskinan di kabupaten Lingga. Dalam hal ini Pemkab tidak bekerja sendiri. Pemkab bekerjasama dengan pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, terus melakukan upaya guna mengentaskan kemiskinan melalui bebagai program, Salah satunya RTLH. 

“Pada tahun ini akan dibangun 800 RTLH, dan tahun depan direncanakan seribu rumah,” ungkapnya.

Daria yang akan mengakhiri periode kepemimpinannya di tahun 2015 mendatang mengharapkan, rencana pembangunan menengah periode ini akan berkesinambungan dengan periode kedepan.

“Seiring 11 tahun perjalanan kabupaten Lingga, telah kita lakukan pemerataan dari segala bidang. Oleh karena itu, mari kita kuatkan komitmen, untuk membangun Kabupaten ini lebih baik lagi,”kata Daria, sebelum mengakhiri pidatonya.

Pantauan dilapangan, usai apel perangatan HUT Kabupaten Lingga ke-11 tersebut, Bupati beserta rombongan melakukan ziarah kubur ke beberapa titik pemakaman. Yaitu, Makam merah, makam di halaman Mesjid Jami’ Sultan dan Makam Bukit Cengkeh. Selanjutnya, rombongan melakukan do’a bersama di bangunan Replika Istana Damnah Daik Lingga. (MC Kab Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *