Bupati Lingga Serahkan Bantuan Sapi Kepada Peternak

Diposting pada

LINGGA, MC – Bupati Lingga H Daria, serahkan langsung secara simbolis sapi bantuan dari Program pengadaan sapi Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Lingga, kepada kelompok tani dari Kecamatan Lingga Timur, Lingga Utara dan Singkep Barat. Penyerahan sebanyak 75 ekor sapi kepada ketua kelompok tani tani tersebut digelar di lapangan Said Abdul Jalil Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur, Kamis (13/11).

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lingga Rusli Ismail, mengatakan bahwa dari tahun 2009 sampai tahun 2014 selalu dibuat pengadaan sapi, kecuali 2013 pengadaan sapi di Kabupaten Lingga memang ditiadakan. Sebelumnya, bantuan sapi yang telah diserahkan sudah sangat berhasil.

“Ini memang Pekerjaan Rumah  bagi dinas, terutama untuk pemasaran. Kita bersama pemerintah akan mencari jalan keluar,” ungkapnya.

Dikatakan, selain di Kecamatan Lingga Timur, kelompok tani yang menerima bantuan sapi dari Pemkab Lingga juga dari Singkep Barat, tepatnya di desa Kuala Raya, Kelurahan Raya dan juga di Lingga Utara yaitu desa Linau.

“Sebenarnya pengadaan Sapi ini, jauh sebelumnya sudah sampai. Namun dari 75 ekor yang sampai ke tangan kami, hanya 20-an yang memenuhi persyaratan atau cukup ukur, jadi kita kembalikan,” ungkapnya.

Namun hari ini, jumlah 75 ekor sapi tersebut sudah sampai di Lingga dan siap untuk diserahkan langsung kepada kelompok Tani, yakni kelompok tani desa Kudung, Linau, dan Sungai Pinang sebanyak 45 ekor. Sedangkan untuk Kecamatan Singkep Barat di Desa Kuala Raya dan Kelurahan Raya sebanyak 30 ekor terangnya.

“Kita minta para peternak untuk ikut prosedur beternak sapi yang sebelumnya telah kita beri bimbingan dan pengarahan teknis,” ungkapnya.

Bukan hanya bantuan sapi, di Kabupaten Lingga pada tahun 2014 ini, dia katakan, program pertanian lainnya juga  ada seperti bantuan bibit unggas untuk Singkep dan Lingga Serta juga bantuan bibit karet. Dirancang untuk satu Kepala Keluarga sebanyak 200 pohon karet. Bahkan bantuan Meremajakan kembali pohon sagu bersama masyarakat.

Ditempat yang sama, Camat Lingga Timur Abdul Kadir, mengatakan  kepada penerima bantuan untuk memelihara ternaknya dengan baik sesuai prosedur, jangan sampai mengganggu dan mencemari lingkungan.

“Jangan sampai hewan ternak yang telah diberikan, justru membuat resah warga karena ternaknya tidak diawasi,” katanya.

Dia berharap, kepada peternak tersebut untuk membuat kandang yang baik, jadikan ternak-ternaknya berkualitas, sehingga memiliki harga jual yang tinggi.

Hal yang serupa juga disampaikan Bupati Lingga dalam sambutannya pada acara tersebut. “Peliharalah dengan baik, jangan dibiarkan sapi ini berkeliaran tnpa diawasi, sehingga meresahkan warga kita,”katanya.

Dia mengatakan, Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Lingga khusunya bagi para warga yang ingin menjadi peternak sapi.”Tidak sekedar ingin,  namun mereka diperhitungkan layak untuk diberikan bantuan ini,”ungkapnya.

Setiap tahunnya, Daria katakan, Pemkab melalui SKPD terkait terus mengadakan bantuan untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Khusus bidang peternakan, sudah dilakukan sejak tahun 2009 hingga Sekarang ini. Pada tahun 2009 sebanyak 100 ekor, Tahun 2010  sebanyak 120 ekor, tahun 2011 sebanyak 

100 ekor dan pada tahun 2012 sebanyak 45 ekor. Serta pada tahun 2014 sebanyak 75. Hanya di tahun 2013 sempat vakum karena kondisi yang tidak memadai saat itu.

“Tidak sedikit dana yg kita keluakan untuk mengadakan bantuan ternak, oleh karena itu, kita berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” ungkap Daria.

Daria berpesan kepada penerima bantuan, sebelum dibagikan ternak, bantuan ini jangan sampai jadi mudarat sehingga meresahkan warga. Maka dari itu kelolah dengan baik, dan dipelihara, terangnya.

Penyerahan sapi secara simbolis tersebut juga dihadiri, oleh Plt Sekda Lingga M Aini, ketua TP PKK Hj Syarifah Rosemawaty, Danramil, Asisten beserta staf ahli pemerintah kabupaten Lingga, Camat Lingga Timur Abdul Kadir, Camat Lingga Utara Zulsyafri, serta sejumlah tokoh masyarakat dan penerima bantuan. (MC Kab. Lingga)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *